Britaraya.com – Kita tentu tahu bahwa memiliki gaya hidup sehat adalah kewajiban setiap orang. Gaya hidup sehat membuat tubuh Anda sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat terhindar dari penyakit ringan hingga berat seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

Penerapan pola hidup sehat tidak hanya mencegah penyakit tetapi juga membuat tubuh kita tetap segar dan bersemangat. Yuk, itu gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan mulai sekarang.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat yang Mudah

  • Step 1. Sesuaikan pola makan Anda

Menjaga pola makan memang merupakan hal yang sulit untuk kita atur, di zaman sekarang ini begitu banyak ragam makanan. Berbagai jenis makanan ini menggugah selera dan membuat kami ingin mencobanya. Kita sering tidak memperhatikan zat makanan apa saja yang ada di dalam makanan tersebut.

Mungkin mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh dan sebaliknya. Kita perlu memperhatikan jenis kandungan, atau zat dalam makanan yang kita makan.

Diet yang dimodifikasi bertujuan untuk menghindari diabetes, kolesterol dan jenis penyakit lainnya. Kita bisa memulainya dengan makan buah dan sayur setiap hari, yang baik untuk tubuh kita.

“Apapun yang kamu makan”. Pola makan dan pola makan yang kita jalani memiliki dampak besar pada kinerja tubuh kita secara keseluruhan.

Dimulai dari:

  1. Ganti menu karbohidrat dengan yang lebih sehat. Sumber karbohidrat tidak hanya nasi, tetapi juga bisa diganti dengan biji-bijian, beras merah, sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.
  2. Hindari atau batasi asupan karbohidrat yang tidak sehat, seperti roti putih, kue kering, dan soda, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung di kemudian hari.

Simak juga : apa dampak negatif dari gaya hidup boros

  • Step 2. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan daya tahan tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Bagi yang baru memulai, berolahraga tidak memakan waktu lama, hanya 5 hingga 10 menit sehari.

Olahraga juga bisa dengan cara yang sederhana, seperti jalan kaki. Berjalan selama 30 menit sehari dikaitkan dengan risiko penyakit serius yang lebih rendah daripada orang yang sedikit berolahraga.

Diet dan olahraga adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam gaya hidup sehat. Keduanya saling mendukung untuk menjaga kesehatan. The World Diabetes Foundation merekomendasikan setidaknya 30 menit aktivitas fisik intensitas ringan hingga sedang sehari, 5 kali seminggu.

  • Step 3. Meningkatkan kualitas tidur

Memperbaiki tidur adalah salah satu cara penting untuk mengembangkan gaya hidup sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan. Muncul masalah kesehatan seperti kelelahan, bad mood, stres.

Waktu tidur memang harus diperhatikan, kelihatannya sederhana namun berdampak besar bagi kesehatan tubuh kita. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur per malam. Anda dapat mengurangi asupan kafein, terutama sebelum tidur, untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman untuk kualitas tidur.

Tidur dikaitkan dengan perubahan kadar hormon yang disebut leptin dan ghrelin, yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan. Jika nafsu makan tidak diatur dengan baik, BMI akan meningkat, memicu kenaikan berat badan.

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berbagai penyakit yang mengancam kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Winksyn di Amerika Serikat menemukan bahwa jumlah tidur yang dihabiskan seseorang dapat mempengaruhi indeks massa tubuh (BMI). Studi tersebut melibatkan 1.024 relawan berusia dan menemukan bahwa kebiasaan tidur kurang dari 7,7 jam dikaitkan dengan peningkatan BMI.

  • Step 4. Kelola stres Anda

Selalu berpikir positif dan pandai mengelola stres sangatlah penting.

Berpikir positif dapat mengurangi risiko depresi, meningkatkan kekebalan terhadap flu, dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung dan stroke.

Kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik Anda. Kesehatan mental yang buruk dapat menguras energi dan fokus Anda. Jika Anda tidak memperhatikan kesehatan mental Anda, ada juga risiko besar seperti penyakit jantung. Menjaga kesehatan mental dapat dicapai melalui sosialisasi, olahraga, atau pengobatan sendiri.

Berikut 4 cara menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Tunggu apa lagi, terapi gaya hidup sehat dimulai hari ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Mari kita mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan tubuh kita yang masih kuat dan muda.

#cara menerapkan gaya hidup sehat

Bagikan:

Tinggalkan Balasan