Cara Mengatur Kerja Tim Sales Dengan Mudah

Cara Mengatur Kerja Tim Sales Dengan Mudah

Cara Mengatur Kerja Tim Sales – Mau Tahu Bagaimana Cara Mengatur Kerja Tim Sales Dengan Mudah? Yuk simak tips berikut ini, untuk Sales Manager Wajib Tahu cara ini. Divisi sales merupakan salah satu yang tugasnya paling berat dalam perusahaan. Mulai dari mendapatkan prospek hingga menutup penjualan bukanlah hal yang mudah.

Maka dari itu, mereka yang memiliki kemampuan mudah beradaptasi dan siap menghadapi ketidakpastian yang ditawarkan lingkungan penjualan sangat pas menjajal profesi ini.

Bagi manager sales sendiri, upaya mengelola tim sales jelas merupakan sebuah tantangan. Selain memantau kuota dan memenuhi metrik target, manager juga bertanggung jawab untuk mendapatkan orang yang tepat dalam tim sales, melatih hingga memantau kinerja mereka.

Terlepas dari perusahaan memiliki tim penjualan sebanyak tiga orang atau ribuan orang, semua manager sales perlu menggunakan strategi berbeda dalam mengatur kerja team sales. Namun sebelum menyusun strategi, yuk simak dulu 5 cara mengatur kerja tim sales untuk menjadi tim penjualan yang sukses berikut ini!

Cara Mengatur Kerja Tim Sales

1. Komunikasi yang jelas

Komunikasi sangat penting untuk mengelola tim mana pun, terutama tim yang terus berkembang. Untuk memastikan bahwa Anda mengelola tim penjualan yang sukses, buat jalur komunikasi terbuka antara tim dan Anda sendiri. Pastikan jalur komunikasi terbuka ini juga jelas dan ringkas. Anda tentu tidak ingin membingungkan tim dengan memberikan informasi yang saling bertentangan bukan?

Baca Juga :  Cara Monitoring Marketing Dealer Motor dan Mobil

Selain itu, tim juga tidak ingin merasa tertinggal informasi. Jadikan komunikasi sebagai jalan dua arah agar tim nyaman mengutarakan semua harapan dan perubahan yang mungkin terjadi.

2. Memberi tanggapan sesering mungkin

Strategi penting yang harus Anda terapkan untuk mengelola tim sales lapangan yang sukses adalah sering memberikan umpan balik. Anda perlu membuat sistem untuk memberikan umpan balik baik dalam kondisi formal maupun informal.

Umpan balik dapat diberikan melalui chat maupun pertemuan empat mata. Pastikan umpan balik Anda konstruktif dan puji mereka atas apa yang mereka lakukan dengan baik.

Anda juga harus secara terbuka meminta umpan balik dari perwakilan tim sales tentang gaya kepemimpinan Anda. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang berhasil, di mana mungkin ada yang kurang dalam keterampilan kepemimpinan serta gagasan yang dapat Anda terapkan di masa depan.

Cara Mengatur Kerja Tim

3. Buat Karyawan Mengenal Perusahaan

Mendapat pekerjaan baru bisa membuat banyak orang stres, termasuk mereka yang baru masuk di tim sales perusahaan. Sekalipun beban kerja sudah mereka pahami, Anda harus meluangkan waktu untuk mengenalkan karyawan dengan budaya perusahaan. Merupakan tanggung jawab manager sales untuk memastikan karyawan merasa nyaman.

Karenanya, penting untuk membantu karyawan baru mendapatkan kecepatan dengan berbagi sumber daya, misalnya mengetahui misi dan tujuan perusahaan Anda, tinjauan umum pesaing, tunjangan karyawan, dan keuntungan perusahaan segera setelah mereka dipekerjakan.

Baca Juga :  Cara Mencapai Target Penjualan untuk Para Sales

4. Menuliskan Peran dan Tanggung Jawab

Apa yang diharapkan staf penjualan dari Anda? Dan sebaliknya, apakah Anda sudah jelas menginformasikan tentang apa yang Anda harapkan dari mereka? Sebaiknya, harapan-harapan ini dibuat secara tertulis. Selain itu, buat daftar metrik tanggung jawab, otoritas, dan kinerja. Beri tim Anda target yang jelas serta alat, pelatihan, dan sumber daya untuk mencapainya.

5. Memakai Aplikasi Monitoring Pekerjaan

Mengelola tim sales bisa menjadi pekerjaan cukup berat, tetapi hal itu bisa diringankan lewat penggunaan teknologi yang disebut aplikasi monitoring pekerjaan.

Anda harus memastikan bahwa Anda memilih perangkat lunak yang selaras dengan tujuan tim dan menyederhanakan pengalaman karyawan Anda. Perangkat lunak yang baik dapat menyederhanakan aktivitas tim Anda, tetapi perangkat lunak yang buruk dapat menyebabkan frustrasi dalam peran tersebut.

Pilih alat yang dirancang dengan tim berbasis lapangan agar perwakilan Anda tetap teratur. Dengan cara ini, mereka bisa fokus pada penjualan dan mencapai target.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Mengatur Kerja Tim Sales

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan