Dokter spesialis anak Jombang terbaik – Setiap orang tua pasti ingin melihat si kecil bertumbuh dan berkembang dengan sehat dan sempurna. Akan tetapi, terkadang muncul kondisi tertentu yang bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan perawatan medis yang berbeda dari orang dewasa, sehingga perlu dokter anak Jombang terbaik untuk menangani penyakit atau kondisi yang mereka alami.

Dokter spesialis anak atau bisa juga disebut sebagai pediatrik merupakan dokter medis yang menerima pelatihan khusus untuk menangani perawatan fisik, perilaku serta mental anak sejak lahir hingga memasuki usia 18 tahun. Serupa dengan dokter lainnya, dokter spesialis anak bisa mendiagnosis dan mengobati berbagai macam penyakit anak.

Mulai dari masalah kesehatan ringan hingga penyakit serius. Penasaran dengan apa saja tugas dari seorang dokter spesialis anak Jombang? Simak uraian lengkapnya berikut ini!

Tugas-Tugas Dokter Spesialis Anak

Secara garis besar, kompetensi atau tugas dokter spesialis anak dalam merawat pasiennya ialah sebagai berikut:

  • Pemeriksaan fisik;
  • Memberikan vaksin atau melakukan imunisasi;
  • Merawat kasus cedera pada anak. Seperti patah tulang atau dislokasi sendi;
  • Melakukan evaluasi tumbuh kembang anak secara fisik, mental dan sosial;
  • Memberi saran kepada orang tua tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan anak;
  • Melakukan diagnosis penyakit anak dan meresepkan obat (jika diperlukan);
  • Merujuk pasien pada dokter spesialis lain (jika diperlukan).

Untuk menangani kondisi anak secara detail, seorang dokter anak bisa menjalani pendidikan lanjutan menjadi seorang subspesialis. Beberapa jenis subspesialis dokter anak di antaranya:

Tumbuh Kembang

Dokter subspesialis tumbuh kembang anak merupakan dokter yang spesifik memiliki kompetensi untuk memeriksa kondisi tumbuh kembang anak.

Selain itu, dokter spesialis ini juga mendiagnosis dan merawat apabila ada kelainan dalam tumbuh kembang si kecil. Seperti keterlambatan bicara dan gangguan spektrum autisme.

Perinatologi atau Neonatologi

Dokter anak dengan subspesialisasi ini bertugas merawat berbagai kondisi bayi baru lahir. Termasuk bayi yang lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur hingga bayi dengan penyakit jantung bawaan.

Pediatrik Kardiologi

Dokter subspesialisasi pediatrik kardiologi fokus untuk merawat gangguan atau penyakit jantung pada anak, baik itu karena faktor keturunan maupun kelainan saat lahir.

Emergensi dan Rawat Intensif Anak (ERIA)

Tugas dari dokter anak yang memiliki subspesialisasi ERIA ini adalah merawat berbagai kondisi darurat pada anak, seperti serangan asma yang parah, pneumonia, cedera akibat kecelakaan, tenggelam hingga keracunan.

Dokter ERIA juga bertugas merawat anak-anak yang mendapat penanganan di ruang perawatan intensif khusus anak atau PICU.

Rekomendasi Dokter Spesialis Anak Jombang Terbaik

Bagi yang berdomisili di Jombang, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dokter anak Jombang terbaik yang bisa menjadi pertimbangan. Antara lain:

Debby Christinne Sumantri, Sp.A

Debby adalah dokter anak yang saat ini berpraktik di RS Nahdlatul Ulama (NU) Jombang. Jadwal praktiknya tiap hari Senin dan Kamis pukul 15.00 – 17.00 WIB.

Beliau memberikan layanan konsultasi kesehatan anak menyeluruh, skrining tumbuh kembang anak dan vaksin anak.

Abdul Haris Khoironi, Sp.A

Dokter pediatri selanjutnya adalah dr. Abdul Haris Khoironi, Sp.A. Beliau memberikan layanan konsultasi kesehatan pada anak secara menyeluruh dan pemberian vaksin anak.

Tempat praktiknya berada di RSU dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang. Jadwal praktiknya setiap hari Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Erwina Mei Astuti, Sp.A

Erwina Mei Astuti, Sp.A berpraktik di RS Islam Jombang setiap hari Senin pukul 16.00 – 18.00, serta hari Selasa dan Kamis pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Dokter spesialis anak Jombang terbaik ini melayani konsultasi kesehatan anak secara menyeluruh, skrining tumbuh kembang anak dan pemberian vaksin pada anak.

Demikianlah ulasan mengenai tugas-tugas dokter spesialis anak yang perlu Anda ketahui. Jika ingin mengetahui informasi lain seputar dokter spesialis anak Kediri dan di berbagai daerah, langsung kunjungi laman britaraya.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: