Dokter Spesialis Anak Lamongan yang Terkenal, dr. Taufiqur Rahman, Sp. A

dokter spesialis anak Lamongan

Demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit, dan itu adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak. Demam tinggi pada anak bisa menjadi momok yang mengkhawatirkan bagi orang tua. Segera bawa ke dokter spesialis anak Lamongan untuk penanganan lebih lanjut.

Pertolongan pertama yang tepat dan responsif dapat membantu mengurangi kecemasan dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah pertolongan pertama yang perlu diambil saat anak mengalami demam tinggi. Simak baik-baik, ya!

Kenali Tanda dan Gejala

Langkah pertama dalam memberikan pertolongan pertama adalah mengenali tanda dan gejala demam tinggi pada anak Anda. Gejala yang umum termasuk:

  • Temperatur Tinggi: Demam dianggap tinggi ketika suhu tubuh anak mencapai 38 derajat Celsius atau lebih.
  • Nyeri Tubuh: Anak mungkin merasa tidak nyaman atau sakit di seluruh tubuhnya.
  • Nyeri Kepala: Sakit kepala seringkali menyertai demam.
  • Menggigil: Anak bisa menggigil karena respons tubuh terhadap suhu yang naik.
  • Nafsu Makan Menurun: Demam seringkali disertai dengan kehilangan nafsu makan.
  • Kelelahan: Anak mungkin terlihat lemah atau mengantuk lebih dari biasanya.
Baca Juga :  Info Praktik dr. Irma, Dokter Spesialis Mata Lamongan Terbaik

Langkah-langkah Pertolongan Pertama

  1. Tenangkan Anak Anda: Jangan panik jika anak Anda mengalami demam tinggi. Pertama-tama, coba tenangkan anak Anda dengan memberikan dukungan emosional dan memastikan bahwa dia merasa nyaman.
  2. Kompres Dingin: Gunakan kompres dingin untuk menurunkan suhu tubuh anak. Basahi kain bersih dengan air dingin, peras kelebihan air, dan letakkan kain tersebut di dahi atau seluruh tubuh anak.
  3. Berikan Obat Penurun Demam: Jika suhu tubuh anak masih tinggi setelah menggunakan kompres dingin, pertimbangkan untuk memberikan obat penurun demam yang sesuai dengan dosis yang direkomendasikan oleh dokter anak. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dengan cermat dan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Lamongan jika Anda memiliki pertanyaan.
  4. Pastikan Anak Tetap Terhidrasi: Demam dapat menyebabkan dehidrasi, jadi penting untuk memastikan bahwa anak Anda tetap terhidrasi dengan baik. Berikan banyak cairan kepada anak Anda, seperti air, jus buah, atau kaldu sayuran.
  5. Pakaian yang Nyaman: Pakaikan anak Anda pakaian yang ringan dan nyaman untuk membantu mengatur suhu tubuhnya.
  6. Perhatikan Perubahan: Amati gejala anak Anda secara cermat. Jika demam anak tidak kunjung membaik setelah mengambil langkah-langkah pertolongan pertama, atau jika anak menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan seperti kesulitan bernapas, ruam kulit, atau kejang, segera hubungi dokter spesialis anak Lamongan.
  7. Istirahat yang Cukup: Pastikan anak Anda istirahat yang cukup untuk membantu tubuhnya pulih dari infeksi atau penyakit yang mungkin menjadi penyebab demam.
Baca Juga :  Info Praktik dr. Irma, Dokter Spesialis Mata Lamongan Terbaik

dr. Taufiqur Rahman, Sp. A, Rekomendasi Dokter Spesialis Anak di Lamongan

Demam tinggi pada anak bisa menjadi momok yang menakutkan bagi orangtua, tetapi dengan langkah-langkah pertolongan pertama yang tepat, Anda dapat membantu anak Anda merasa lebih baik dan mencegah komplikasi yang mungkin timbul.

Jika demam anak tidak kunjung membaik , segera untuk menghubungi dokter spesialis anak Lamongan untuk saran lebih lanjut. Salah satu yang direkomendasikan adalah dr. Taufiqur Rahman, Sp. A.

Beliau praktik di dua tempat, yakni di RS Muhammadiyah Lamongan dan Praktik DOKTER TAURA (mandiri). Jadwal praktik dr. Taufiqur di RS Muhammadiyah Lamongan adalah setiap hari Senin – Sabtu mulai pukul 11.00 – 13.00 WIB. Hari Minggu libur.

Sedangkan di tempat praktik beliau sendiri, layanan buka setiap hari Selasa dan Kamis pukul 05.00 – 08.00 WIB dan hari Sabtu pukul 06.30 – 08.30 WIB. Praktik DOKTER TAURA beralamat di Jalan Sunan Giri Gg. Nusa Permai No. 24, Tumenggungan, Lamongan. Untuk pendaftaran atau informasi lainnya, langsung saja hubungi di nomor telepon 0817-0379-5005.

Baca Juga :  Info Praktik dr. Irma, Dokter Spesialis Mata Lamongan Terbaik

Bagi Anda yang ingin mencari tahu jadwal praktik dokter spesialis lain di Lamongan atau daerah lainnya, silakan kunjungi laman britaraya.com.

Britaraya.com menyajikan informasi lengkap seputar dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya wilayah Jawa Timur. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan