Dokter spesialis paru Pamekasan merupakan dokter yang ahli dalam menangani penyakit maupun gangguan paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Penyakit paru sendiri adalah gangguan pernapasan yang paling sering terjadi.

Tugas utama dokter spesialis paru di Pamekasan adalah melakukan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk masalah pada sistem pernapasan. Dokter ahli paru ini dapat bekerja di rumah sakit atau membuka praktek mandiri.

Rekomendasi Dokter Spesialis Paru di Pamekasan

Bagi Anda yang berdomisili di Pamekasan dan sekitarnya, berikut rekomendasi dokter spesialis paru yang bisa Anda ajak konsultasi.

Saiful Hidayat, Sp.P

Dokter spesialis lulusan dari Universitas Indonesia ini sekarang aktif bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Mohammad Noer Pamekasan. Tenang saja, beliau sudah sangat berpengalaman dan banyak pasien yang puas dengan pelayanannya.

Saiful Hidayat, Sp.P memiliki jadwal praktek pada hari Rabu dan Kamis mulai pukul 14.15 WIB hingga 15.00 WIB.

Mokhammad Mukhlis, Sp.P

Dokter spesialis paru Pamekasan ini juga bekerja di RSUD Mohammad Noer Pamekasan. Beliau melayani tindakan obeservasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medis, dan pelayanan kesehatan lainnya yang berkaitan dengan paru-paru.

Jika ingin bertemu beliau, Anda bisa berkunjung pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Penyakit yang Perlu Diperiksakan ke Dokter Spesialis Paru Pamekasan

Nah, berikut ini beberapa keadaan yang ditangani oleh dokter spesialis paru. Simak dengan baik, ya!

Asma

Gangguan pernapasan yang satu ini karena adanya peradangan pada saluran pernapasan sehingga penderitanya sesak napas hingga napas berbunyi (mengi). Gejala yang biasa muncul akibat dari infeksi, alergi, atau pengaruh polusi.

Infeksi Paru

Infeksi paru terjadi akibat adanya bakteri, virus, atau jamur. Misalnya, infeksi bakteri tuberkulosis. Penyakit ini bisa mengakibatkan pendiratanya batu berdahak hingga lebih dari 2 minggu bersamaan dengan demam, sesak napas, penurunan berat badan, dan batuk berdarah.

Tidak hanya itu, infeksi paru dapat berupa pneumonia. Penyakit infeksi paru ini mengakibatkan penderitanya sesak napas, demam, dan batuk. Keadaan ini bisa bertambah bahaya jika terjadi pada orang lansia, orang dengan imun yang lemah, atau anak-anak.

Penyakit Paru Interstisial

Penyakit yang satu ini merupakan sekumpulan masalah paru-paru yang berdampak buruk terhadap jaringan paru. Gangguan yang terjadi bisa merusak struktur hingga fungsi paru itu sendiri.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan di saluran pernapadan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, keadaan ini karena ada infeksi atau iritasi dari paparan asap rokok atau polusi. Bronkitis bisa mengakibatkan penderitanya mengalami batuk dengan dahak kuning, abu-abu, atau hijau.

Bronkiektasis

Masalah kesehatan ini merujuk pada keadaan permanen yang membuat saluran udara lebih lebar dari ukuran normal dan menghasilkan lendir secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan proses bernapas menjadi tidak efektif. Lendir dalam jumlah terlalu banyak menyebabkan paru-paru mudah terinfeksi.

Penyakit Paru Okupasional

Gangguan paru-paru ini terjadi karena penderitanya menghirup bahan iritan seperti zat kimia, debu, dan asap secara berlebihan. Bahan yang terhirup ini dapat memicu masalah pada paru-paru sehingga fungsinya tidak akan optimal.

Kanker Paru

Penyakit berat satu ini merupakan keadaan yang menunjukkan adannya jaringan kanker di organ paru-paru. Kanker ini sering terjadi pada perokok aktif maupun pasif. Gejala yang biasa muncul seperti batuk darah, nyeri dada, sesak napas, suara serak, dan berat badan turun tanpa sebab yang jelas.

Selain keadaan di atas, dokter spesialis paru Pamekasan juga menangani penyakit paru-paru lain seperti efusi pleura, emboli paru, pneumothoraks, gagal napas, dan pembengkakan paru.

Nah, jika Anda mengalami beberapa gejala seperti sulit bernapas, batuk darah, penurunan berat badan tanpa alasan, nyeri dada, napas berbunyi, asma yang susah terkendali dan pilek yang sering datang kembali. Maka, segera periksakan diri ke dokter spesialis paru.

Demikianlah pembahasan mengenai penyakit paru dan rekomendasi dokter spesialis paru pamekasan yang bisa Anda kunjungi. Jangan pernah abaikan keluhan yang Anda alami, segera konsultasi agar mendapat penanganan yang tepat dan cepat. Nah bagi yang berdomisili Tuban, Anda bisa periksa ke dokter spesialis Paru Tuban ya sobat. Salam sehat!

Bagikan: