Dokter spesialis paru Tuban adalah dokter ahli yang menangani berbagai macam penyakit dan gangguan paru-paru di area Tuban. Salah satunya adalah penyakit pernapasan. Tugas utama dari dokter spesialis satu ini di antaranya mendiagnosis dan menentukan jenis pengobatan yang tepat pada pasien pengidap masalah paru-paru.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit paru-paru, seperti kebiasaan merokok, infeksi atau adanya kelainan genetik. Ingin tahu lebih banyak tentang apa saja penyakit yang bisa tertangani oleh dokter spesialis paru Tuban? Yuk langsung disimak sampai tuntas!

Apa Saja Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Paru?

Seseorang yang mengalami masalah pada paru-parunya akan ditandai dengan sesak napas, batuk berdarah serta batuk yang berkepanjangan. Apabila keadaan Anda tidak memungkinkan untuk ditangani dokter umum, biasanya Anda akan perlu untuk menemui dokter spesialis paru.

Beberapa kondisi yang biasanya tertangani oleh dokter spesialis paru ialah sebagai berikut:

Pneumonia

Pneumonia terjadi akibat infeksi pada paru-paru yang menyebabkan kantung udara dalam paru-paru membengkak dan meradang. Kita bisa menyebut ini dengan nama paru-paru basah, sebab paru penuhi dengan cairan lendir atau air.

Gejala pneumonia ini biasanya terdapat gejala mual atau muntah, demam, sesak napas, berkeringat dan menggigil. Selain itu, pengidap juga mengalami diare, selera makan yang turun, detak jantung menjadi cepat, lemas, nyeri dada saat menarik napas serta batuk kering atau batuk dengan dahak kental berwarna kuning, hijau atau adanya darah.

Asma

Selanjutnya, ada asma yang merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau kesulitan bernapas.

Tidak hanya itu, gejala lainnya meliputi batuk-batuk, dada terasa sesak dan mengi saat bernapas.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada bronkus. Bronkus ini merupakan saluran yang membawa udara menuju paru-paru. Seseorang yang mengidap bronkitis di tandai dengan munculnya gejala batuk yang berlangsung selama satu minggu atau lebih, pegal pada seluruh tubuh dan meriang.

Rekomendasi Dokter Spesialis Paru Tuban

Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera  periksakan diri ke dokter spesialis paru untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dokter spesialis paru di Tuban yang bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya:

Deny Perdana Putra, Sp.P

Salah satu dokter spesialis paru terbaik di Tuban adalah dr. Deny Perdana Putra, Sp.P. dr. Deny berpraktek di Rumah Sakit Medika Mulia setiap hari Senin (18.30 – 21.00), Selasa – Jumat (08.30 – 13.00) dan Sabtu (08.00 – 12.00).

Selain di RS Medika Mulia, beliau juga membuka praktik pribadi di Jl. Ronggolawe No. 342 tiap hari Selasa – Jumat pukul 15.00 – 17.30.

Fadlia Yulistiana, Sp.P, M.Kes

Dokter spesialis paru selanjutnya ada dr. Fadlia Yulistiana, Sp.P, M.Kes. Beliau membuka praktek di dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit NU Tuban dan RSUD Dr. R. Koesma. Untuk informasi mengenai jadwal praktiknya, bisa menghubungi di nomor (0351) 328299 atau (0356) 321010.

Setiaji, Sp.P

Setiaji, Sp.P merupakan dokter spesialis paru yang membuka praktik di dua rumah sakit, yaitu RS Medika Mulia Tuban dan RSUD Dr. R. Koesma. Jika ingin mengetahui jadwal praktik, silakan hubungi Faskes (0356) 322744 atau (0356) 321010.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis paru serta rekomendasi dokter spesialis paru Tuban. Untuk mengetahui informasi tentang dokter spesialis lainnya, silakan kunjungi laman britaraya.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: