Dokter spesialis penyakit dalam Pacitan – Ilmu penyakit dalam merupakan ilmu kedokteran yang menangani berbagai macam penyakit pada dewasa dan lansia yang mencakup hampir seluruh bagian tubuh manusia. Seorang dokter wajih menempuh pendidikan kedokteran umum, lalu dilanjutkan dengan program pendidikan spesialis ilmu penyakit dalam untuk bisa menjadi dokter penyakit dalam.

Dokter spesialis penyakit dalam atau internis ini adalah dokter yang menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada organ tubuh bagian dalam, baik orang dewasa maupun lansia. Seseorang bisa disebut dokter spesialis penyakit dalam jika memiliki gelar Sp.PD.

Bidang ilmu penyakit dalam secara klinis terbagi menjadi beberapa subspesialisasi. Masing-masing dokter subspesialis tersebut akan menangani penyakit sesuai bidang keilmuannya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Alergi-imunologi klinik;
  • Ginjal-hipertensi;
  • Gastroenterologi-hepatologi;
  • Geriatri;
  • Hematologi-onkologi medik;
  • Kardiovaskular;
  • Dan masih banyak lagi.

Waktu yang Tepat untuk Menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Anda perlu menemui dokter spesialis penyakit dalam jika mendapatkan rujukan dari dokter umum terkait gejala-gejala yang dialami. Dokter penyakit dalam juga bisa merujuk pasien ke dokter konsultan spesialis penyakit dalam apabila dibutuhkan.

Selain rujukan dari dokter umum, Anda pun bisa pergi menemui dokter spesialis penyakit dalam Pacitan secara langsung jika sudah yakin bahwa gejala dan penyakit yang kita alami memerlukan penanganan dari dokter spesialis satu ini. Atau saat membutuhkan second opinion terhadap diagnosis sebelumnya.

Mengingat dokter spesialis penyakit dalam hampir menangani semua penyakit yang berhubungan dengan organ dan sistem organ, waktu yang terbaik untuk menemui atau berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam ialah sebagai berikut:

  • Anda mengalami keluhan atau gejala apaun yang memengaruhi sistem dan organ tubuh. Seperti adanya gangguan pada sistem pencernaa, sistem pernapasan atau jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).
  • Merasakan gejala yang luas dan kompleks.
  • Memerlukan perawatan komprehensif dalam jangka panjang.
  • Membutuhkan perawatan pencegahan terhadap penyakit tertentu, baik karena adanya faktor risiko genetik maupun faktor risiko lingkungan.

Persiapkan Hal-Hal Berikut Sebelum Bertemu Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pacitan

Sebelum pergi menemui dokter spesialis penyakit dalam, beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan di antaranya:

  • Catatan pertanyaan yang ingin kita tanyakan serta riwayat keluhan atau gejala yang Anda derita secara detail.
  • Hasil pemeriksaan sebelumnya jika ada. Misalnya, hasil pemeriksaan darah, CT Scan dan foto Rontgen.
  • Anda juga bisa menanyakan opsi perawatan yang tersedia dan tingkat keberhasilan, serta risiko dari setiap perawatan.

Tidak hanya beberapa hal di atas, Anda juga perlu memastikan bahwa dokter spesialis penyakit dalam tersebut memang kompeten dalam bidangnya. Pun Anda merasa nyaman saat berkonsultasi dengannya.

Rekomendasi Dokter Penyakit Dalam di Pacitan

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi dokter spesialis penyakit dalam Pacitan yang bisa kita pertimbangkan. Antara lain:

  1. Joko Priyanto, M.Sc., Sp.PD. dr. Joko Priyanto kini berpraktik di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono Pacitan. Jadwal praktiknya tiap hari Selasa dan Jumat pukul 08.00 – selesai.
  2. Dian Hananto, Sp.PD. dr. Dian Hananto juga menjadi dokter spesialis penyakit dalam yang melayani pasien di RSUD dr. Darsono. Anda bisa menemui beliau tiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 – selesai.
  3. Titis Dwi Tanti, Sp.PD. dr. Titis turut menemani dr. Joko dan dr. Dian sebagai dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktik di RSUD dr. Darsono Pacitan. Jadwal praktiknya di Poliklinik Penyakit Dalam setiap hari Rabu dan Sabtu pukul 08.00 – selesai.

Itulah ulasan mengenai kapan waktu yang tepat menemui dokter spesialis penyakit dalam Pacitan serta hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum menemuinya. Apabila ingin mengetahui informasi lengkap seputar dokter spesialisasi lainnya, bisa mengunjungi laman britaraya.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: