Dokter spesialis saraf Madiun – Tahukan kamu apa saja penyakit saraf itu? Terdapat beberapa jenis penyakit saraf yang bisa orang alami tergantung dengan usia dan faktor penyebabnya. Sampai saat ini, penyakit saraf menjadi salah satu pendorong kematian maupun disabilitas di dunia.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengenal penyakit ini sejak dini. Menurut dokter saraf Madiun, sistem saraf bisa tergangggu oleh beberapa faktor seperti infeksi, tumor, kelainan aliran darah, dan gangguan imunitas.

Kenali Gejala yang Perlu Diperiksakan ke Dokter Spesialis Saraf

Berikut ini beberapa penyakit saraf berserta gejalanya yang perlu kamu ketahui. Simak sampai akhir ya untuk mendapatkan informasi rekomendasi dokter spesialis!

Meningitis

Radang selaput otak atau yang lebih terkenal dengan meningitis merupakan penyakit saraf yang cukup sering terjadi pada seseorang, terutama bayi, anak, dan remaja. Peradangan ini terjadi karena adanya infeksi oleh virus atau bakteri. Namun, juga bisa terjadi akibat penyakit non-infeksi seperti sarkiodosis atau alergi obat.

Pasien meningitis umumnya mengalami gejala berupa sakit kepala yang luar biasa, leher kaku, hingga demam tinggi.

Jika kondisi seperti ini tidak tertangani dengan cepat dan tepat, maka meningitis bisa menyebabkan kerusakan permanen di otak. Keadaan semakin parah dapat memicu komplikasi seperti gagal ginjal dan kejang.

Stroke

Salah satu penyakit tidak menular namun menjadi penyebab kematian terbesar di dunia adalah Stroke. Penyakit saraf yang satu ini bisa terjadi akibat pasokan darah ke otak tergangggu karena adanya pecah atau tersumbatnya pembuluh darah.

Jika tidak segera diperiksakan ke dokter spesialis saraf Madiun, keadaan ini mengakibatkan jaringan otak menjadi tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsinya.

Saat sel otak mulai rusak, pasien stroke akan mengalami gejala berupa mati rasa pada wajah, sakit kepala yang luar biasa, kelumpuhkan, bahkan kesulitan bicara, berjalan, dan melihat.

Multiple Sclerosis

Penyakit sklerosis ganda merupakan penyakit saraf yang memiliki risiko mengenai sumsum tulang belakang dan otak. Perlu kamu tahu jika penyakit ini menjadi penyebab paling umum terhadap kecacatan pada orang usia 20 hingga 30 tahun.

Multiple sclerosis dapat berpengaruh pada gerakan lengan atau kaki, penglihatan, dan keseimbangan tubuh pasien. Gejala awal yang terasa berupa kesemutan, mati rasa, kelelahan, otot kaku, dan penglihatan kabur.

Sampai saat ini, penyebab terjadinya Penyakit sklerosis ganda belum teridentifikasi secara jelas.  Akan tetapi, ada dugaan bahwa penyakit ini muncul karena penyakit autoimun.

Dalam beberapa kasus, sistem imunitas tubuh menyerang zat lemak yang berfungsi sebagai pelapis otak dan sumsum tulang belakang.

Lalu, kapan kamu harus pergi ke dokter saraf? Jawabannya, ketika kamu sudah merasakan beberapa gejala awal seperti kejang, lemah otot, sering tremor, sulit berjalan dan berbicara, gangguang penglihatan, penyusutan otot, dan kebas.

Rekomendasi Dokter Spesialis Saraf Madiun

Berikut ini beberapa rekomendasi dokter saraf untuk kamu yang bertempat tinggal di Madiun.

dr Dinik Wuryani, Sp. S

Dokter spesialis saraf ini bertugas di RS Griya Husada Madiun. Namun, beliau juga membuka praktek di Jalan Dr. Sutomo No. 25, Madiun Lor, Manguharjo, Madiun. Klinik dokter spesialis saraf ini melayani pengobatan migrain, kejang epilepsi, tremor, saraf terjepit, stroke, parkinso, tumor otak, dan penyakit saraf lainnya.

Klinik dr Dinik Wuryani, Sp. S buka dari hari Senin sampai Jumat pukul 5.30-7.30 WIB. Namun, tidak beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu.

Winangku Isparyanto, Sp.S

Winangku Isparyanto, Sp.S adalah dokter spesialis saraf yang berpraktek di RD Santa Clara Madiun. Jadwal praktek beliau hanya hari Selasa dan Kamis. Beliau mulai bertugas pukul 13.00-14.00 WIB

Deasy Putri Sukarno, Sp.S

Deasy Putri Sukarno, Sp.S adalah dokter spesialis saraf yang saat ini praktek di RS Islam Siti Aisyah Madiun . Beliau bertugas di hari Senin sampai Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat, beliau mulai praktek pukul 08.00-13.00 WIB, sedangkan hari Sabtu pukul 08.00-11.00 WIB.

Jangan lupa catat jadwal prakteknya agar segera bisa mengatur waktu untuk berkonsultasi bersama dokter spesialis saraf Madiun. Jangan remehkan gejala yang sering kamu alami, ya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Nah bagi Anda yang berdomisili di Tulungagung, Anda juga bisa periksa di dokter spesialis Saraf Tulungagung ya Sobat.

Bagikan: