Dokter Spesialis saraf Tulungagung Neurologis atau dokter saraf merupakan dokter spesialis yang berwewenang melakukan diagnosis dan pengobatan gangguan otak maupun sistem saraf. Neurologi sendiri adalah cabang ilmu kedokteran tentang sistem saraf.

Sistem saraf memiliki tanggung jawab dalam mengatur kerja organ dan fungsi dari koordinasi tubuh, menerima maupun memproses rangsangan fisik seperti sentuhan, nyeri, menggerakan tubuh, dan menjalani fungsi kognitif.

Sebelum menggunakan jasanya, pastinya Anda perlu mengenal lebih dalam terkait dokter saraf Tulungagung. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai dokter saraf.

Penyakit yang Menjadi Tanggung Jawab Dokter Saraf

Berbeda dengan dokter THT Lamongan, dokter spesialis saraf ini menangani beberapa penyakit yang berhubungan dengan saraf dan otak seperti migrain, kejang dan epilepsi, tremor, cidera kepala, saraf terjepit, dan stroke.

Tidak hanya itu, dokter saraf juga bisa berwenang melakukan tindakan terhadap penyakit demensia, tumor otak, parkinson atau autoimun saraf, infeksi sumsum tulang belakang, neuropati perifer, gangguan neuromuskular, dan infeksi otak seperti meningitis.

Tindakan yang Bisa Dokter Saraf Lakukan

Terdapat beberapa prosedur pemeriksaan medis yang bisa dokter saraf lakukan untuk menentukan diagnosis penyakit pada saraf maupun otak. Berikut ini beberapa tindakan medis tersebut.

  1. Penggambaran hasil dari pemeriksaan radiologis seperti MRI, CT scan, PET scan di bagian otak dan saraf.
  2. Melakukan Elektroensefalogram atau tes gelombang listrik otak dengan cara meletakkan kabel elektroda pada kulit kepala dan menghubungkannya pada mesinm perekam aktivitas listrik otak.
  3. Melakukan Elektromiogram atau tes untuk mengevaluasi fungsi sistem saraf dan otot menggunakan jarum elektroda dalam otot.
  4. Interpretasi hasil pemeriksaan laboratorium seperti tes urin, tes darah, dan analisis cairan otak untuk menemukan penyakit dalam sistem saraf.
  5. Biopsi otot dan saraf untuk mengidentifikasi kelainan saraf.
  6. Pungsi lumbal atau prosedur pengambilan cairan otak dari bagian tulang belakang.

Persiapan Sebelum Bertemu Dokter Spesialis Saraf

Sebelum membuat janji temu dengan dokter saraf, sebaiknya Anda catat apa saja keluhan yang selama ini telah Anda rasakan, obat yang sering dikonsumi, riwayat penyakit keluarga, hingga alergi yang Anda miliki.

Umumnya, pada pertemuan pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan saraf, fisik, sampai menelusuri riwayat keluhan yang Anda rasakan. Kemudian, dokter akan memberikan saran pemeriksaan lebih lanjut untuk mendiagnosisi penyakit.

Apabila Anda tidak  mampu menjawab pertanyaan sepenuhnya ketika pemeriksaan, maka anggota keluarga atau orang terdekat bisa menemani. Selanjutnya, ketika diagnosis sudah jelas, maka dokter akan memberikan perawatan sesuai kebutuhuan.

Rekomendasi Dokter Spesialis Saraf Tulungagung

Bagi Anda yang sedang berdomisili di Kabupaten Tulungagung dan membutuhkan penangan dokter saraf terdekat. Berikut ini beberapa rekomendasi dokter Spesialis saraf yang praktek di Tulungagung.

Joko Rudyono, Sp.S

Joko Rudyono, Sp.S merupakan dokter Spesialis Saraf yang sedang aktif praktek di Tulungagung. Anda bisa menemui beliau di salah satu tempat prakteknya, yakni RSUD Dr. Iskak Kedungwaru Tulungagung dan Rumah Sakit Era Medika Ngunut Tulungagung.

Jenar Harumi, Sp.S 

Dokter Spesialis Saraf yang satu ini sedang bertugas di RSUD Dr. Iskak Kedungwaru Tulungagung, Rumah Sakit Satiti Prima Husada, dan RS Putra Waspada Tulungagung.  Jika ingin mengetahui informasi jadwal dokter atau ingin membuat janji, Anda bisa langsung menghubungi salah satu rumah sakit tersebut.

Agus Suprapto, Sp.S

Agus Suprapto merupakan dokter spesialis saraf yang membuka praktek di Dusun Jatisari, RT. 05 RW. 02, Jatisari, Buntaran, Kec. Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66293 Anda dapat menghubungi beliau melalui telepon di 0812-3483-920.

Itulah beberapa informasi dan rekomendasi dokter spesialis saraf Tulungagung yang bisa membantu Anda dan keluarga dalam mendapat penanganan terbaik. Salam sehat, semoga bermanfaat!

Bagikan: