Dokter Spesialis THT Lamongan – Sebagian besar masyarakat mungkin mengetahui dokter THT, namun ada juga yang belum memahami sepenuhnya. Dokter THT merupakan dokter spesialis telinga, hidung dan juga tenggorokan. Di Indonesia, dokter spesialis ini menyandang gelar Sp.THT. Sesuai dengan namanya, profesi dokter satu ini fokus pada pengobatan dan perawatan ketiga area tersebut serta area lainnya di leher dan kepala. Kecuali mata, gigi dan otak.

Namun, tidak semua kelainan di leher dan kepala bisa dokter THT tangani. Ada beberapa penyakit yang perlu penanganan dari dokter spesialis lain. Misalnya, gangguan mata akan ditangani oleh dokter spesialis mata.

Sebelum mendapatkan gelar spesialis THT, harus menempuh pendidikan dokter umum terlebih dahulu. Baru setelah lulus, bisa melanjutkan ke jenjang sekolah spesialis yang biasanya memakan waktu empat tahun hingga lebih. Ilmu yang dipelajari secara mendalam ialah otorinolaringologi atau pengetahuan tentang telinga, hidung dan tenggorokan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter spesialis THT di Lamongan? Simak ulasannya sampai tuntas, ya!

Waktu yang Tepat ke Dokter Spesialis THT di Lamongan

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua gangguan yang terjadi di telinga, hidung dan tenggorokan harus ditangani langsung oleh dokter THT Lamongan. Umumnya, pasien akan baru ditangani dokter spesialis THT setelah mendapatkan rujukan dari dokter umum.

Karena, kondisinya cukup serius atau membutuhkan penanganan lebih lanjut, misalnya seperti operasi. Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter THT apabila sering mengalami keluhan pada telinga, hidung dan tenggorokan seperti:

  • Mengalami hidung tersumbat;
  • Penciuman yang terganggu;
  • Telinga berdengung;
  • Pendengaran terganggu;
  • Kesulitan menelan;
  • Tidur mendengkur hingga sering terbangun;
  • Dan gangguan lainnya.

Nantinya, dokter THT akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan penunjang tambahan. Tujuannya memastikan penyebab munculnya gejala tersebut, kemudian menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit yang Anda alami.

Kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan memang penting untuk dijaga setiap saat. Oleh sebab itu, jangan tunda untuk pergi ke dokter spesialis THT apabila merasakan adanya gangguan atau gejala di ketiga organ tersebut. Termasuk di leher dan kepala. Semakin cepat Anda melakukan pendeteksian penyakit, semakin tinggi pula keberhasilan pengobatan yang akan dijalani.

Rekomendasi Dokter Spesialis THT Lamongan

Mengatasi gangguan di telinga, hidung dan tenggorokan memang tugas dari dokter spesialis THT. Sebelum menemui dokter satu ini, Anda perlu mencari tahu bagaimana track record dan pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Karena, Anda harus nyaman dalam menyampaikan keluhan yang dirasakan agar dokter THT Lamongan mampu mendiagnosis dan memberikan penanganan yang tepat. Berikut Britaraya akan memberikan beberapa rekomendasi dokter spesialis THT yang berlokasikan di Lamongan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya:

Kartiko Husodo Odi, Sp.THT-KL

Salah satu dokter THT di Lamongan yang bisa Anda kunjungi adalah dr. Kartiko Husodo Odi, Sp.THT-KL. Saat ini, dr. Kartiko berpraktik di RSU Rachmi Dewi di Gresik, RS Muhammadiyah Lamongan dan RS Muhammadiyah Babat, Lamongan.

Untuk mengetahui jadwal praktik lengkapnya, bisa menghubungi Faskes di nomor (0322) 322834 dan/atau di nomor (0322) 454562.

Riyan Charlie Milyantono, Sp. THT-KL

Dokter spesialis THT ini menjadi rekan kerja dr. Kartiko di RS Muhammadiyah Babat, Lamongan. dr. Riyan belum bisa memberikan layanan booking secara online. Untuk mengetahui jadwal praktiknya di RS Muhammadiyah Babat, bisa menghubungi Faskes di nomor (0322) 454562.

Bastu Edo Hermendy, Sp.THT-KL

Bastu merupakan seorang dokter spesialis THT yang saat ini berpraktik di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Alamatnya berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto, No.76. Kabupaten Lamongan.

Untuk jadwal praktik setiap harinya di rumah sakit, bisa menanyakannya dengan menghubungi Faskes di nomor (0322) 322834.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan, serta rekomendasi Dokter Spesialis THT di Lamongan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Bagikan: