Dokter Spesialis THT Terkenal di Pacitan, dr. Azhar Nur Fathoni, Sp. THT-KL

dokter spesialis THT Pacitan

Telinga merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki peran krusial dalam pendengaran serta keseimbangan tubuh. Meskipun terlihat sederhana dari luar, telinga sebenarnya memiliki struktur internal yang kompleks. Oleh karena itu, jika mengalami masalah di bagian telinga, segera datang ke dokter spesialis THT Pacitan.

Sebelum memberikan rekomendasi dokter spesialis THT, artikel kali ini akan membahas secara mendalam tentang bagian-bagian telinga beserta fungsinya. Simak baik-baik, ya!

Telinga Luar (Auricle)

Bagian pertama dari telinga yang kita kenal adalah bagian yang terlihat secara langsung, yaitu auricle atau telinga luar. Auricle terdiri dari jaringan tulang rawan yang dilapisi oleh kulit.

Fungsi utamanya adalah untuk menangkap gelombang suara dan mengalirkannya ke dalam telinga tengah. Selain itu, auricle juga membantu melindungi saluran telinga dari debu, kotoran, dan benda asing lainnya.

Saluran Telinga (Ear Canal)

Saluran telinga merupakan tabung yang menghubungkan auricle dengan telinga tengah. Bagian telinga satu ini memiliki kelenjar minyak yang memproduksi sekresi untuk menjaga kelembapan dan membersihkan telinga dari kotoran.

Baca Juga :  3 Dokter Kandungan Pacitan Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Fungsi utama saluran telinga adalah untuk mengalirkan suara ke telinga tengah dan melindungi telinga dari masuknya benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi. Apabila terjadi infeksi, segera periksakan diri ke dokter spesialis THT Pacitan.

Telinga Tengah (Middle Ear)

Telinga tengah terletak di belakang gendang telinga dan terdiri dari ruang udara yang berisi tiga tulang kecil yang disebut sebagai tulang pendengaran atau tulang martil, tiang, dan landasan.

Fungsi utama telinga tengah adalah untuk memperkuat gelombang suara yang diterima dari telinga luar sebelum mengirimkannya ke telinga dalam melalui gendang telinga.

Gendang Telinga (Eardrum)

Gendang telinga adalah membran tipis yang memisahkan bagian telinga luar dan telinga tengah. Ketika gelombang suara mencapai gendang telinga, gendang telinga bergetar dan mengubah energi suara menjadi sinyal listrik yang kemudian diteruskan ke otak melalui saraf pendengaran.

Gendang telinga juga berperan penting dalam menjaga tekanan udara di telinga tengah agar seimbang dengan tekanan udara di luar tubuh.

Telinga Dalam (Inner Ear)

Telinga dalam merupakan bagian terdalam dari telinga yang terdiri dari labirin tulang dan labirin membranosa. Labirin tulang mengandung cairan dan struktur pendengaran utama, yaitu koklea, yang berperan dalam mengubah getaran suara menjadi sinyal saraf.

Baca Juga :  Pilihan Dokter Spesialis Anak Pacitan Terbaik, dr. Sulaiman Hamid

Sementara itu, labirin membranosa mengandung organ keseimbangan yang penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Pacitan, dr. Azhar Nur Fathoni, Sp. THT-KL

Telinga merupakan organ kompleks yang memiliki peran penting dalam pendengaran dan keseimbangan tubuh manusia. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila telinga mengalami masalah, sebaiknya Anda segera datang ke dokter spesialis THT Pacitan.

Salah satu rekomendasinya adalah dr. Azhar Nur Fathoni, Sp. THT-KL. Beliau berpraktik di RSUD dr. Darsono Pacitan. Terletak di Jalan Jend. A. Yani No. 51, Pacitan, Jawa Timur. dr. Azhar melayani setiap hari Senin – Kamis pukul 08.00 – 14.00 WIB, dan hari Jumat pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Untuk informasi yang lebih jelas, Anda bisa mengunjungi laman rsud.pacitankab.go.id atau unduh aplikasi Android bernama SIPON Ceria RSUD dr Darsono. Selain di Pacitan, dr. Azhar juga membuka praktik di RS Maguan Husada Pracimantoro Wonogiri.

Bagi Anda yang ingin mencari dokter spesialis lain di Pacitan, seperti dokter spesialis paru Pacitan, silakan kunjungi laman britaraya.com.

Baca Juga :  3 Dokter Kandungan Pacitan Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Britaraya.com menyajikan berbagai informasi dokter spesialis di beberapa daerah, khususnya Jawa Timur yang akan membantu Anda menemukan dokter sesuai dengan keluhan yang dialami dan dekat dengan domisili. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan