Sebagai pekerja kantoran, melakukan perjalanan dinas sebenarnya adalah kegiatan yang lumrah dilaksanakan. Meskipun harus membawa rombongan yang jumlah tak sedikit, dan aset akomodasi perusahaan belum siap. Itu semua bisa teratasi, caranya yakni dengan sewa mobil saja di Traveloka !

Memahami tentang Perjalanan Dinas

Perjalanan Dinas berasal dari dua kata, berdasarkan KBBI, kedua kata tersebut sumbernya dari perjalanan dan dinas. Perjalanan memiliki makna kegiatan untuk pergi ke suatu tempat. Sementara dinas yang berarti suatu instansi atau lebih dalam lagi didefinisikan sebagai seseorang yang menjadi pemimpin di suatu unit instansi.

Sehingga dengan demikian, perjalanan dinas dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh pimpinan untuk pergi ke suatu tempat dengan tujuan tertentu. Biasanya tujuannya tidak jauh-jauh dari keperluan pekerjaannya.

Perjalanan dinas ini memiliki tujuan dan peran yang sangat penting, guna terselenggaranya visi misi perusahaan, dan pemeliharaan suatu instansi perusahaan, pemeliharaan disini lebih terkerucut pada proses tumbuhnya sebuah perusahaan.

Jangka waktu lama atau tidaknya perjalanan dinas, sangat tergantung pada lokasi tempat yang akan dituju, waktu pemberangkatan dan rangkaian kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama melaksanakan perjalanan dinas. Biasanya kegiatan ini akan menghabiskan waktu selama 1 hari atau lebih.

Supaya waktu perjalanan dinas tidaklah molor, maka ada alternatif lain yang bisa dilakukan yakni melakukan perjalanan dinas dengan menyewa kendaraan sendiri, seperti mobil bukanlah melalui transportasi umum seperti kereta atau bus. Jika Anda berniat melakukan perjalanan dinas, maka Anda bisa sewa mobil saja di Traveloka

Macam-Macam Perjalanan Dinas

Setelah memahami perihal makna dari perjalanan dinas. Selanjutnya yang wajib Anda tahu adalah jenis-jenis dari perjalanan dinas. Faktanya perjalanan dinas tidaklah hanya untuk satu kepentingan, melainkan banyak. Kepentingan tersebut juga menjadi faktor pendorong macam-macam perjalanan dinas tersebut muncul.

Berikut beberapa dari jenis perjalanan dinas yang ditemukan di masyarakat, diantaranya yaitu:

Berdasarkan wilayah tujuannya, maka perjalanan dinas terbagi menjadi perjalanan dinas dalam negeri seperti contoh jika Anda melakukan kegiatan bepergian untuk kepentingan pekerjaan yang lingkup lokasinya masih satu kota, satu pulau atau satu provinsi. Kemudian ada juga istilah untuk perjalanan dinas bisnis antar negara, sesuai maknanya perjalanan ini yang paling jauh.

Ditinjau berdasarkan transportasi yang digunakan maka terdiri dari perjalanan dinas melalui darat, melalui laut atau lewat udara. Sementara untuk perjalanan dinas ditinjau dari tujuannya maka dibedakan menjadi perjalan dinas untuk keperluan rakernas, perjalanan dinas untuk seminar nasional, kunjungan kerja, pendidikan dan pelatihan, kegiatan sosial, melakukan riset, tender, acara seremonial hingga untuk keperluan evaluasi dan monitoring.

Keuntungan Melakukan Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas memang dilakukan untuk kepentingan profesional karir atau pekerjaan. Tetapi, sepatutnya Anda tidak bisa memandang perjalanan dinas ini sebagai kegiatan formalitas untuk mencapai performa kinerja Anda saja. Melainkan lebih dari hal tersebut, karena ada beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan saat melakukan perjalanan dinas, diantaranya yaitu:

  1. Mendapatkan tantangan baru

Saat melakukan perjalanan dinas, apakah Anda merasa dejavu? Justru merasa tertantang dengan apa yang akan terjadi di lokasi tujuan? Perasaan akan hal tersebut memang benar adanya dan wajar. Perjalanan dinas yang demikian akan mendorong Anda untuk memecahkan dan menghadapi tantangan baru tersebut. Disini kemampuan untuk berinteraksi secara cepat dan tanggap, serta skill untuk adaptasi dan negosiasi sangat diperlukan.

  1. Merehatkan Pikiran

Melakukan perjalanan dinas, dapat Anda pahami sebagai sarana merehatkan pikiran sejenak dari aktivitas pekerjaan yang padat dan berat. Mengunjungi lokasi baru yang belum pernah Anda pijaki sebelumnya akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda.

Disisi lain, suasana lokasi tujuan yang mendukung seperti sejuk dan damai, sangatlah cocok untuk kegiatan refreshing sementara itu, namun Anda tidak boleh melupakan tujuan awal Anda serta tugas-tugas yang sedang dibawa saat perjalanan dinas.

  1. Melatih keberanian dan kemandirian

Apakah Anda pernah membayangkan jika Anda mau tidak mau melakukan perjalanan dinas sendirian, tanpa didampingi oleh tim? Nantinya setelah masuk ke lokasi tujuan, Anda harus menjalankan setiap tugas yang diperintahkan salah satunya yakni mempresentasikan hasil-hasil temuan dari pekerjaan Anda? 

Jika semua ini terjadi maka perjalanan dinas ini benar-benar akan melatih keberanian, kepercayaan diri serta kemandirian Anda. Disini Anda harus membuktikan bahwa meskipun Anda melakukan perjalanan dinas sendirian, semua tugas tetap bisa Anda kerjakan dan selesai sesuai waktu yang ditentukan.

  1. Tetap Mendapatkan Gaji Meski Tidak Datang ke Kantor

Saat melakukan perjalanan, maka gaji Anda akan tetap terhitung secara utuh tanpa adanya potongan. Sangat-sangat mengesankan bukan? Selain itu saat Anda melakukan perjalanan terkadang ada biaya tambahan untuk masing-masing individu seperti uang makan dan transportasi. Maka dengan begini Anda akan mendampatkan keuntungan yang maksimal.

Lakukan Perjalanan Dinas, dengan Traveloka

Saat ini Anda tak perlu khawatir melakukan perjalanan dinas yang lokasinya cukup jauh. Sebab sudah ada teknologi canggih yang akan membantu Anda, siapa lagi jika bukan Traveloka!

Caranya, ya tentu saja dengan sewa mobil saja di Traveloka. Akan ada banyak keuntungan yang menanti Anda seperti promo yang melimpah, adanya Pay Later Traveloka, layanan yang berkualitas, serta lebih hemat waktu dan efisien dalam melakukan penyewaan mobil.

Bagikan: