Semakin cepat mengidentifikasi dan mengelola faktor risiko penyakit jantung bersama dokter spesialis jantung Ponorogo. Maka, semakin besar juga kesempatanmu untuk menjalani hidup dengan jantung yang tetap sehat.

Penyakit jantung koroner merupakan istilah yang menunjukkan penumpukan plak pada arteri jantung sehingga mengakibatkan serangan jantung maupun kematian mendadak. Semakin banyak faktor risiko yang seseorang miliki, semakin besar pula kemungkinan untuk terkena penyakit jantung tersebut.

Faktor yang Memicu Penyakit Jantung

Sebelum mengetahu jadwal dokter spesialis jantung Ponorogo, berikut ini beberapa faktor pemicu penyakit jantung yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak sampai akhir!

Usia

Sebagian besar orang yang meninggal karena penyakit jantung adalaha mereka yang memiliki usia lebih dari 65 tahun. Menurut data yang terlapor, serangan jantung lebih banyak menyerang orangtua dengan jenis kelamin perempuan.

Merokok

Orang yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner daripada yang bukan perokok. Hal ini karena rokok menjadi faktor independen yang sangat kuat untuk menyebabkan kematian jantung secara mendadak pada pasien penyakit jantung koroner.

Rokok juga bisa berinteraksi dengan faktor risiko lain sehingga mampu meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Perlu diketahui, paparan asap rokok dari orang lain pada yang bukan perokok juga bisa menambah risiko penyakit ini meskipun.

Kolesterol Tinggi

Ketika kolesterol dalam darah meningkat, maka risiko jantung koroner juga akan semakin bertambah. Kandungan kolesterol dapat menumpuk pada dinding arteri sehingga munculah plak yang mengakibatkan arteri kaku dan pembuluh darah menyempit.

Beberapa faktor yang bisa memengaruhi kadar kolesterol dalam darah yakni usia, keturunan, jenis kelamin, dan pola makan.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi bisa meningkatkan beban kerja pada jantung sehingga otot jantung menjadi menebal dan kaku. Yang tentunya Anda perlu antisipasi periksa ke dokter spesialis jantung Ponorogo. Pengerasan otot ini bisa menurunkan fungsi jantung. Keadaan seperti ini dapat meningkatkan risiko stroke, gagal ginjal, serangan jantung, dan gagal jantung kongestif.

Saat tekanan darah tinggi diikuti dengan merokok, obesitas, kadar kolesterol darah tinggi, dan diabetes, maka risiko serangan jantung akan meningkat lebih tinggi.

Obesitas

Orang dewasa yang memiliki berat badan lebih beserta faktor risiko penyakit jantung yang lain perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk menurunkan berat badannya. Perubahan ini juga penting untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung secara signifikan.

Diabetes

Diabetes dengan tingkat yang parah bisa menambah risiko seseorang terkena penyakit jantung. Bahkan, saat kadar glukosa dalam darah masih terkendali, diabetes tetap mampu meningkatkan risiko pasien terkena penyakit jantung dan stroke.

Akan tetapi, risikonya akan semakin meningkat ketika gula darah sudah tidak terkendali dengan baik. Setidaknya ada 68% pasien diabetes dengan usia di atas 65 tahun meninggal karena beberapa bentuk penyakit jantung.

Jadwal Dokter Spesialis Jantung Ponorogo, Catat Ya!

Tidak perlu menunggu kamu terkena penyakit jantung. Kamu bisa mengunjungi dokter jantung untuk melakukan pencegahan sejak dini. Berikut daftar nama dokter spesialis jantung Ponorogo yang bisa kamu kunjungi.

dr. Wisnu Sakulat, Sp JP.FIHA

Wisnu Sakulat, Sp.JP, FIHA merupakan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang bekerja di Rumah Sakit Aisyiyah Ponorogo. Beliau bertugas di Poli Jantung yang secara khusus menangani berbagai hal tentang jantung dan pembuluh darah.

Umumnya, orang berkunjung untuk berkonsultasi terkait pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai penyakit jantung. Mulai dari tekanan darah sampai serangan jantung. Beliau buka praktek pada hari Senin-Jumat pukul 14.00-18.00 WIB dan Sabtu pukul 12.00-14.00 WIB.

Setyo Utomo, Sp. JP FIHA

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah satu ini sudah terkenal akan pengalamannya. Beliau mampu memberikan solusi terbaik untuk setiap masalah yang berkaitan dengan penyakit kardiovaskuler.

Saat ini beliau sedang aktif bertugas di Rumah Sakit Muhammadiyah Ponorogo. Jadwal praktek beliau pada hari Senin-Kamis mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

Demikianlah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Oleh sebab itu, dengan mengetahui jadwal dokter spesialis jantung Ponorogo agar bisa periksa dan mendapat edukasi lebih luas mengenai penyakit ini. Selain itu, kadang anda pun memerlukan rekomendasi dokter spesialis paru Tuban, karena sama-sama penting dijaga. Salam sehat!

Bagikan: