Dokter kandungan perempuan di Malang – Mungkin sebagian besar orang tahu mengenai dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) atau yang lebih sering disebut dokter kandungan. Namun, tidak mengetahui sepenuhnya tentang tugas atau hal yang bisa dilakukan dokter spesialis kandungan.

Dokter yang bergelar SpOG ini tidak hanya sekadar memeriksa dan mengatasi gangguan pada kehamilan, melainkan juga seputar kesehatan organ reproduksi wanita. Obstetri dan ginekologi sendiri memiliki makna yang berbeda. Obstetri merupakan cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari tentang kehamilan dan persalinan.

Sedangkan ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari seputar sistem reproduksi wanita. Ingin tahu lebih banyak tentang dokter spesialis kandungan perempuan di Malang? Simak ulasannya berikut sampai tuntas!

Tugas Dokter Spesialis Kandungan (Obgyn)

Dokter obgyn atau dokter spesialis kandungan bisa melakukan berbagai tindakan medis yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan hingga mengatasi gangguan pada sistem reproduksi wanita. Berikut tugas-tugas dokter kandungan selengkapnya, antara lain:

  • Konsultasi kehamilan. Mulai dari program rencana kehamilan, pemeriksaan prenatal hingga persiapan melahirkan.
  • Melakukan USG untuk mengetahui bagaimana kondisi janin dalam kandungan.
  • Melakukan persiapan hingga proses persalinan, baik itu secara normal maupun caesar sekaligus melakukan perawatan pasca melahirkan.
  • Pemeriksaan organ intim wanita. Mulai dari pemeriksaan vagina, serviks, panggul, rahim serta payudara.
  • Mendeteksi dini penyakit yang bisa saja menyerang sistem reproduksi wanita. Seperti kanker serviks, kanker rahim dan kanker ovarium.
  • Konsultasi mengenai gangguan menstruasi, gangguan hormon hingga menopause.
  • Konsultasi terkait alat kontrasepsi hingga proses pemasangan nantinya.
  • Melakukan tindakan kuretase pada ibu hamil yang mengalami keguguran.
  • Melakukan tindakan pembedahan (operasi), seperto mengangkat miom pada rahim.
  • Konsultasi fertilitas, memungkinkan juga melakukan tindakan inseminasi buatan atau bayi tabung.

Rekomendasi Dokter Kandungan Perempuan di Malang

Bagi para ibu yang sedang hamil, penting sekali untuk melakukan kunjungan ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi janin. Sebaiknya, pilih dokter kandungan yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki spesifikasi di bidangnya.

Pastikan juga dokter yang Anda pilih memberikan rasa nyaman dan cocok dalam pemberian konsultasi maupun tindakan sejak pemeriksaan kehamilan hingga persalinan nanti. Bagi yang berdomisili di wilayah Malang, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dokter kandungan perempuan Malang yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Di antaranya:

Nuke Nugrahanti Sp.OG

Nuke Nugrahanti SpOG merupakan dokter kandungan Malang yang bekerja secara profesionala di tempat praktiknya. Berlokasi di Jl. Cerme No. 1, Malang, dokter Nuke memulai jadwal praktiknya dari pukul 18.00 – selesai.

Pada hari kerja, dr. Nuke terkenal dengan ketelatenannya menghadapi pasien. Dia akan menjawab berbagai pertanyaan yang Anda ajukan dengan solusi yang tepat. Jika ingin berkonsultasi dengan dr. Nuke, Anda harus mendaftar terlebih dahulu karena banyak pasien yang mengantre di tempat praktiknya.

Novina Purwitakartikarini Sp.OG

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Novina Purwitakartikarini, SpOG. Tempat praktik dr. Novina berada di Jl. Garbis No. 8, Kota Malang. Dia sangat komunikatif serta solutif dalam menjawab berbagai pertanyaan para pasiennya.

Jika berkonsultasi dengan dr. Novina, Anda bisa menanyakan hal apapun yang masih berkaitan dengan kandungan sampai proses melahirkan. Sebelum konsultasi, Anda harus reservasi terlebih dahulu. Sebab, dr. Novina membatasi jumlah pasien hanya sekitar 20 orang yang menghubungi terlebih dahulu via telepon, SMS atau WA.

Maria Ulfa Sp.OG

Apabila Anda melakukan pemeriksaan kehamilan di RS Hermina Malang, Anda bisa diperiksa oleh dr. Maria Ulfa SpOG. Dokter kandungan perempuan di Malang ini memang bekerja secara profesional di rumah sakit tersebut.

Jadwal praktiknya di RS Hermina tiap hari Senin, Rabu – Jumat pada pukul 09.00 – 10.00 WIB. Sementara, tiap hari Selasa, dr. Maria akan mulai praktik pada pukul 18.00 – 20.00 WIB. Selain di RS Hermina, dr. Maria Ulfa juga membuka jadwal praktik di RSIA Melati Husada.

Demikianlah ulasan mengenai tugas-tugas dokter spesialis kandungan serta rekomendasi dokter kandungan perempuan Malang yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat ingin konsultasi kehamilan hingga persalinan nantinya. Sedangkan bagi Anda yang berdomisili di Blitar, Anda perlu mengetahui rekomendasi dokter kandungan perempuan Blitar. Semoga bermanfaat!

Bagikan: