Jadwal Praktik Dokter Spesialis Anak Bondowoso Terkenal

dokter spesialis anak Bondowoso

Kaki O atau yang sering disebut juga dengan ‘bow legs’ adalah kondisi di mana kaki seseorang melengkung ke luar sehingga menyerupai huruf O. Kondisi kaki ini umumnya terjadi pada usia bayi dan anak-anak. Periksakan segera ke dokter spesialis anak Bondowoso jika menemukan keanehan pada bentuk kaki anak.

Penyebab utama kaki O pada anak bisa bervariasi, mulai dari faktor genetik hingga masalah perkembangan tulang. Namun, ada beberapa faktor yang sering kali menjadi penyebab utama terjadinya kaki O pada anak. Apa saja? Simak ulasannya berikut!

Penyebab Kaki O pada Anak

Berikut ini adalah beberapa penyebab kaki O pada anak, yang sebaiknya segera dibawa ke dokter spesialis anak Bondowoso untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Di antaranya:

Faktor Genetik

Kondisi kaki O dapat bersifat herediter, artinya dapat diturunkan dari salah satu atau kedua orang tua. Jika salah satu atau kedua orang tua memiliki kaki O, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami kondisi kaki yang serupa.

Kekurangan Kalsium dan Vitamin D

Kekurangan nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D dalam masa pertumbuhan anak dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan tulang. Kondisi ini dapat mempengaruhi struktur tulang dan menyebabkan kaki O.

Baca Juga :  dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG, Pilihan Dokter Kandungan Perempuan Bondowoso

Kelainan pada Tulang

Beberapa kelainan tulang seperti rakhitis (penyakit tulang yang disebabkan oleh kekurangan vitamin D, kalsium, atau fosfor) atau displasia siku (gangguan pertumbuhan tulang pada siku) dapat menyebabkan kaki O pada anak.

Postur Tubuh yang Salah

Postur tubuh yang tidak benar atau kebiasaan duduk atau berjalan yang salah juga dapat memengaruhi perkembangan tulang pada anak. Misalnya, jika seorang anak sering duduk dengan kaki bersilang, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan tulangnya.

Cara Memperbaiki Kaki O pada Anak

  • Konsultasi dengan Dokter: Langkah pertama yang harus diambil adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Bondowoso atau ahli ortopedi. Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga memerlukan beberapa tes tambahan untuk menentukan penyebab pasti dan tingkat keparahan kaki O pada anak.
  • Terapi Fisik: Terapi fisik seringkali direkomendasikan untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot-otot di sekitar kaki dan panggul. Terapis fisik akan merancang program latihan yang sesuai dengan kondisi anak dan membantu memperbaiki kelengkungan pada kaki.
  • Penggunaan Alat Bantu: Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan alat bantu seperti sepatu khusus atau penyangga kaki untuk membantu memperbaiki posisi kaki dan mencegah kelengkungan lebih lanjut.
  • Pantau Pola Makan: Pastikan anak Anda mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama kalsium dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Makanan seperti susu, keju, ikan berlemak, dan sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang.
  • Pantau Perkembangan: Penting untuk terus memantau perkembangan anak dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur. Jika perlu, dokter spesialis anak Bondowoso dapat merujuk anak Anda ke spesialis lain seperti ahli ortopedi anak untuk perawatan lanjutan.
Baca Juga :  dr. Faqihatus Rahmah, Sp.OG, Pilihan Dokter Kandungan Perempuan Bondowoso

Jadwal Praktik dr. L. P Sri Tresnasih, Sp.A, Dokter Spesialis Anak di Bondowoso

Kaki O pada anak bukanlah kondisi yang harus diabaikan. Dengan diagnosis yang tepat dan perawatan yang tepat, banyak kasus kaki O dapat teratasi dan anak dapat mengembangkan postur tubuh yang sehat dan normal.

Jika Anda khawatir tentang kaki anak Anda, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Bondowoso untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Salah satunya yang direkomendasikan adalah dr. Luh Putu Sri Tresnasih, Sp.A.

Beliau membuka praktik di dua rumah sakit yang ada di Bondowoso, yaitu RSU dr. H. Koesnadi Bondowoso dan RS Bhayangkara Bondowoso. dr. Sri bertugas di poli anak RSU dr. H. Koesnadi setiap hari Senin – Jumat. Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa menghubungi layanan informasi rumah sakit di nomor (0332) 421974 atau 0813-3140-5151.

Sementara di RS Bhayangkara Bondowoso, beliau praktik setiap hari Senin – Kamis mulai pukul 12.30 – 13.00 WIB. Anda bisa mendaftar secara online melalui website rs.bhayangkarabondowoso.com atau aplikasi Mobile JKN.

Cari tahu informasi jadwal praktik dokter spesialis lengkap, baik di Bondowoso atau kota/kabupaten di Jawa Timur lainnya hanya di britaraya.com. Semoga dapat membantu!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan