Britaraya.com – Perilaku yang menyimpang atau tidak sesuai dengan norma dan nilai sosial disebut perilaku yang melanggar norma dan nilai sosial.

Hari ini kita akan berbicara tentang kejahatan seks, 4 penyimpangan sosial, lihat komentar di bawah.

Penyimpangan muncul dari interaksi dengan orang yang menyimpang, yang dipelajari melalui proses transfer budaya. Melalui proses ini, seseorang belajar budaya penyimpangan.

Bias terjadi bukan hanya karena seseorang tidak menganut nilai dan standar normatif tertentu, tetapi juga karena nilai dan standar normatif orang tersebut berbeda dengan orang lain.

Ada dua jenis penyimpangan, antara lain:

  1. Bias positif adalah bias yang berdampak positif pada suatu sistem sosial karena mengandung unsur inovasi, pilihan, dan kreativitas. Penyimpangan-penyimpangan tersebut umumnya diterima oleh masyarakat karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
  2. Dalam bias negatif, pelaku bertindak sesuai dengan nilai-nilai sosial yang dibenci, menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan dan mengganggu sistem sosial. Perbuatan dan pelakunya akan dikutuk dan tidak diterima oleh masyarakat.

Jenis Penyimpangan Sosial yang Dapat Merusak Gaya Hidup

  • Tindak Kriminal

Tindak pidana mengacu pada tindakan ilegal seperti pencurian, pembunuhan, dan ketidaksenonohan, yang merupakan perilaku yang tidak dapat diterima oleh masyarakat. Ada empat jenis kejahatan, yaitu kejahatan tanpa korban, kejahatan terorganisir, kejahatan kerah putih dan kejahatan korporasi.

Simak juga : apa dampak negatif dari gaya hidup boros

  • kejahatan seks

Penyimpangan seksual, 4 penyimpangan sosial, diikuti oleh penyimpangan seksual, yang merupakan tindakan seksual yang tidak biasa, penyimpangan seksual saat ini didefinisikan sebagai daya tarik seksual yang kuat yang dapat merugikan salah satu pihak atau dalam kasus yang disepakati bersama.

Ada empat jenis penyimpangan seksual, yaitu perzinahan, lesbianisme, homoseksualitas dan kumpul kebo.

  • penggunaan obat

Penggunaan dan penggunaan obat-obatan terlarang merupakan bentuk penyimpangan dari nilai dan norma sosial dan agama.

Remaja lebih cenderung menggunakan narkoba karena beberapa alasan, antara lain ingin membuktikan keberaniannya untuk mengambil tindakan berisiko, ingin melarikan diri dari kesepian, solidaritas dengan teman, ingin tahu, ingin mengambil tindakan terhadap orang tua, dan ingin mencari dan menemukan. makna dalam hidup.

  • Konsumerisme

Penyimpangan gaya hidup, sikap sombong bisa dilakukan oleh orang yang ingin menutupi kekurangannya.

Orang-orang dengan sikap konsumtif membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan dan sikap nyentrik menyimpang dari norma dan karenanya dianggap aneh, seperti halnya laki-laki memakai pakaian atau barang yang biasanya digunakan perempuan dan sebaliknya.

Semoga informasi tentang perilaku yang menyimpang ini dapat menginspirasi kita untuk mencegah perbuatan tersebut. Semoga gaya hidup kita selalu dalam kondisi sehat, aamiin.

#jenis penyimpangan sosial

Bagikan:

Tinggalkan Balasan