britaraya.com – Milenial telah menjadi kelompok yang paling banyak dibicarakan selama beberapa tahun terakhir. Gaya hidup mereka yang sederhana dan mentalitas yang berbeda dari generasi sebelumnya tentu menjadi salah satu daya tariknya. Yuk simak penjelasan Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Oleh Kaum Milenial disini.

Generasi ini dinilai lebih praktis dan memiliki obsesi yang lebih tinggi terhadap teknologi.

Hal ini secara otomatis mempengaruhi gaya hidup mereka dan berbagai kebiasaan mereka dalam menikmati uang. Bukan hanya cara kaum milenial menghasilkan uang, cara mereka membelanjakannya selalu menjadi hal yang menarik.

Banyak yang percaya bahwa kaum milenial sebenarnya rentan terhadap masalah keuangan. Hal ini sangat disayangkan, mengingat rata-rata pendapatan yang mereka peroleh pasti cukup besar. Gaya hidup dan kebiasaan yang disukai kaum milenial cenderung boros, bahkan untuk hal-hal yang sebagian besar tidak penting.

Maka tak heran jika pada akhirnya kaum milenial biasanya hanya berpenghasilan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa pemborosan yang sering ditimbulkan oleh milenial di bidang keuangan:

Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Oleh Kaum Milenial

  • Kebiasaan 1. Menghadiri konser atau acara langsung lainnya

Bersenang-senang adalah bagian dari kehidupan anak muda, begitu juga dengan kaum milenial. Generasi ini lebih cenderung menyukai hal-hal yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan daripada barang dagangan atau apa pun.

Hal ini tentunya akan memungkinkan mereka untuk menikmati lebih banyak hal yang dapat memberikan pengalaman, seperti traveling, atau bahkan sekedar menonton konser dan live event lainnya.

Meski terbilang sederhana, berbagai aktivitas yang dijelaskan di atas sebenarnya membutuhkan biaya yang cukup besar. Milenial bisa menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk menikmati konser grup musik favoritnya.

Simak juga : apa dampak negatif dari gaya hidup boros

Tidak apa-apa untuk melakukan ini sesekali, tetapi jika terlalu sering, pemborosan pasti tidak bisa dihindari. Di sisi lain, uang yang dibelanjakan untuk permintaan ini tentu tidak akan membawa manfaat jangka panjang, seperti membelanjakan uang untuk berbagai komoditas atau bahkan aset berharga lainnya.

  • Kebiasaan 2. Beli makanan cepat saji

Untuk menebus gaya hidup yang sebenarnya, kaum milenial tentu jarang memasak dan menyiapkan makanan sendiri. Generasi ini lebih menyukai hal-hal yang sederhana dan cepat, termasuk makan. Milenial memilih makanan cepat saji yang mudah dibeli dan dibawa.

Ini buang-buang uang, lebih dari makan di warung biasa. Selain itu, kebiasaan makan makanan cepat saji seperti ini sudah pasti tidak sehat, apalagi dalam jangka panjang.

  • Kebiasaan 3. Layanan pengiriman cepat

Milenial memang identik dengan segala hal yang praktis, termasuk belanja online. Di antara pembelian yang mereka lakukan, kaum milenial cenderung lebih memilih pengiriman yang cepat dan terbaik. Mereka tidak mau menunggu setiap barang yang mereka beli, meskipun barang tersebut tidak terlalu penting/mendesak.

Layanan pengiriman cepat seperti ini akan menyenangkan, tetapi juga menghabiskan banyak biaya. Jika terlalu sering, pemborosan keuangan tidak akan terhindarkan.

  • Kebiasaan 4. Minum alkohol

Masih terkait dengan kecenderungan menikmati uang untuk berbagai pengalaman yang menyenangkan, kaum milenial juga menikmati minuman beralkohol. Rata-rata, milenium menghabiskan banyak uang untuk pengalaman ini setiap bulan.

Di sisi lain, kegiatan ini bahkan tidak memberikan keuntungan finansial apapun. Untuk waktu yang lama, ini bahkan mungkin menjadi kebiasaan boros dalam keuangan kaum milenial.

  • Kebiasaan 5. Berinvestasi secara konservatif

Investasi konservatif cenderung lebih aman, yang merupakan pilihan finansial bagi sebagian besar generasi millennial. Tidak ada salahnya, asalkan diimbangi dengan investasi lain yang memberikan keuntungan finansial lebih.

Namun pada kenyataannya, kaum milenial tidak terlalu tertarik untuk berinvestasi saham, yang pada dasarnya merupakan cara ampuh untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Kebanyakan milenium akan memilih untuk menyimpan uang mereka daripada menginvestasikannya secara langsung di kendaraan yang lebih menguntungkan. Hal ini memungkinkan mereka untuk melindungi dana mereka dari risiko kerugian.

Terlepas dari itu, inflasi akan tetap menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi industri keuangan dan dapat mengikis nilai mata uang yang tidak diinvestasikan dengan cara yang benar.

Bagi kaum milenial, menikmati hidup menjadi kebutuhan tersendiri. Namun, ini perlu diubah secara finansial sehingga semua jenis pemborosan yang tidak perlu dapat dihilangkan. Milenial harus membiasakan diri mengelola dan membelanjakan dengan lebih bijak agar keuangan mereka bisa muncul lebih kuat di masa depan.

Semoga informasi terkait Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Oleh Kaum Milenial ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua ya. terimakasih.

#Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Oleh Milenial

Bagikan:

Tinggalkan Balasan