Dokter kandungan perempuan di Blitar – Dalam istilah awam, dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau obgyn lebih sering disebut sebagai dokter spesialis kandungan. Sebenarnya, obstetri dan ginekologi ini merupakan dua cabang ilmu yang berbeda. Obstetri adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus mempelajari kehamilan dan persalinan.

Sementara ginekologi adalah cabang ilmu yang mempelajari seputar masalah yang terjadi pada reproduksi wanita. Meski berbeda, kedua cabang ilmu kedokteran ini punya fokus yang sama pada masalah kesehatan terbesar perempuan. Oleh karena itu, spesialisasi kedua cabang ilmu tersebut digabung menjadi istilah obgyn.

Perbedaan Dokter Kandungan S.OG dengan Bidan

Namun, ternyata masih banyak calon ibu yang beranggapan bahwa dokter obgyn sama dengan bidan. Keduanya sama-sama dilatih untuk memberikan perawatan medis, bimbingan serta dukungan dalam bidang perawatan prenatal, persalinan hingga kontrasepsi.

Meski mendapatkan pelatihan yang sama, dokter kandungan dan bidan memiliki perbedaan, yaitu berdasarkan pelatihan, sertifikasi dan akreditasinya. Dokter kandungan memiliki wewenang untuk menangani kehamilan, baik melalui persalinan normal atau yang mengalami komplikasi.

Selain itu, dokter obgyn juga mempunyai wewenang dalam memberikan konsultasi seputar program kehamilan, perawatan infertilitas serta keahlian dalam menangani kesehatan sistem reproduksi wanita. Bidan juga memiliki wewenang yang serupa, melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan membantu persalinan secara normal. Namun, jika ada masalah pada saat kehamilan, bidan biasanya akan merujuk ibu hamil ke dokter spesialis kandungan. Akan berbeda apabila masalah kehamilan berkaitan dengan saraf, maka Anda perlu ke dokter spesialis Saraf Tulungagung.

Kapan Sebaiknya ke Dokter Spesialis Kandungan Perempuan Blitar?

Pergi memeriksakan diri ke dokter kandungan perempuan di Blitar tidak hanya dilakukan oleh wanita hamil atau sedang melakukan program hamil. Wanita sehat pun disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin 1 – 5 tahun sekali. Hal ini sebagai upaya menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah gangguan yang kemungkinan terjadi.

Pemeriksaan kesehatan wanita penting sekali untuk Anda lakukan, terutama jika Anda adalah wanita berusia di atas 21 tahun dan telah berhubungan seksual secara aktif. Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan apabila mengalami perubahan pada siklus menstruasi, menjelang menopause atau melihat kondisi janin dan kehamilan.

Selain itu, periksakan diri Anda ke dokter kandungan jika mengalami beberapa gejala terkait organ kewanitaan. Seperti perubahan volume atau frekuensi pada sikluas menstruasi, kram perut yang tidak biasa dan nyeri ketika buang air kecil atau ketika melakukan hubungan seksual.

Rekomendasi Dokter Kandungan Perempuan di Blitar

Pentingnya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, membuat Anda tidak bisa sembarangan dalam mencari dokter spesialis obgyn terbaik. Alangkah baiknya, Anda memilih dokter kandungan yang membuat Anda nyaman saat berkonsultasi.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di Blitar, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dokter kandungan perempuan di Blitar yang bisa menjadi pertimbangan. Di antaranya:

dr. Adyuta Apsari, SpOG

dokter kandungan perempuan di Blitar

Salah satu dokter spesialis kandungan terbaik di Kota Blitar adalah dr. Adyuta Apsari, SpOG. dr. Adyuta cukup terkenal di Blitar. Usianya memang masih muda, namun pengalamannya dalam menangani pasien tidak perlu kita ragukan lagi.

dr. Adyuta menjalani praktik di RS Katolik Budi Rahayu dan RS Islam Aminah Blitar Jalan Kenari. Untuk informasi jadwal, silakan hubungi ke nomor (0342) 801-662 atau 0822-2881-5210.

dr. Puspita Handayani, SpOG(K)

dokter kandungan perempuan di Blitar

Dokter kandungan satu ini bertugas di RS Umum An Nissa dan cukup terkenal. Selain di RS An Nissa, dr. Puspita juga melayani pasien di RSUD Ngudi Waluyo. Tidak hanya pasien umum, dia juga melayani pasien pengguna BPJS.

Jam praktiknya tiap Selasa dan Jumat pada pukul 14.00 – 16.00 WIB. Jika ingin berkonsultasi dengan dr. Puspita, segera buat janji di salah satu tempat praktiknya.

dr. Ratih Wardani, SpOG

Selanjutnya, ada dr. Ratih Wardani, SpOG yang bekerja secara profesional sebagai dokter spesialis kandungan di Poli Obgyn RSU Aminah. Anda bisa berkonsultasi maupun memeriksakan kesehatan kandungan.

Jika ingin berkonsultasi dengan dr. Ratih, bisa langsung datang ke RSU Aminah tiap hari Senin – Jumat pada pukul 13.00 – 16.00 dan Sabtu pada pukul 08.00 – 10.00.

Demikian ya sobat, informasi terkait dokter kandungan perempuan Blitar dan kapan sebaiknya Anda periksa ke Dokter Obgyn. Sedangkan bagi sobat di Malang, Anda bisa periksa ke dokter kandungan perempuan Malang ya! Semoga Artikel dari Britaraya bermanfaat ya, Sobat!

Bagikan: