Rekomendasi Dokter Spesialis THT Madiun Terbaik

dokter spesialis THT Madiun

Mimisan atau epistaksis merupakan kondisi umum di mana darah keluar dari hidung. Meskipun tidak berbahaya, mimisan bisa menjadi sangat mengganggu dan terkadang menimbulkan kekhawatiran. Segera bawa ke dokter spesialis THT Madiun agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hal ini dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berikut adalah beberapa penyebab umum mimisan pada hidung yang perlu Anda ketahui. Simak baik-baik, ya!

Udara Kering

Udara kering adalah salah satu penyebab utama mimisan. Paparan terus-menerus pada udara kering dapat membuat membran di dalam hidung menjadi kering dan pecah-pecah, menyebabkan darah keluar.

Trauma atau Cedera

Benturan pada hidung atau trauma lainnya bisa menyebabkan pembuluh darah di dalam hidung pecah, menyebabkan mimisan.

Aktivitas fisik yang intens atau cedera ringan pada hidung juga dapat menjadi pemicu. Jika hal ini terjadi, segera pergi ke dokter spesialis THT Madiun agar mendapatkan tindakan medis  dengan cepat.

Perubahan Tekanan Udara

Perubahan tekanan udara, seperti yang terjadi saat melakukan penerbangan atau menyelam, bisa menyebabkan mimisan. Ini karena perubahan tekanan udara dapat memengaruhi pembuluh darah di dalam hidung.

Baca Juga :  Info Praktik Dokter Kandungan Perempuan Madiun yang Terkenal

Infeksi atau Radang

Infeksi atau radang di dalam hidung, seperti sinusitis atau rhinitis, bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan menghasilkan mimisan.

Kondisi ini sering terjadi ketika orang sedang menderita flu atau pilek. Datangi dokter spesialis THT Madiun terdekat agar dapat dilakukan tindakan yang tepat.

Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan (pembekuan darah), dapat meningkatkan risiko mimisan. Ini karena obat-obatan tersebut mengganggu kemampuan pembekuan darah, sehingga membuat darah sulit untuk berhenti mengalir.

Kondisi Medis yang Mendasarinya

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, atau leukemia, dapat meningkatkan risiko terjadinya mimisan.

Kebiasaan Merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung dan meningkatkan risiko terjadinya mimisan.

Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko mimisan.

Perubahan Hormon

Wanita sering mengalami mimisan selama periode menstruasi atau selama kehamilan karena perubahan hormon dalam tubuh mereka dapat memengaruhi pembuluh darah di dalam hidung.

Alergi

Alergi dapat menyebabkan hidung menjadi gatal dan iritasi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan gesekan dan pecahnya pembuluh darah di dalam hidung.

Baca Juga :  Info Praktik Dokter Kandungan Perempuan Madiun yang Terkenal

Rekomendasi Dokter Spesialis THT Terbaik di Madiun

Mimisan adalah kondisi umum yang biasanya tidak berbahaya, namun dapat menyebabkan kecemasan.

Jika Anda sering mengalami mimisan atau mengalami mimisan yang berkepanjangan, penting untuk berkonsultasi dengan salah satu dokter spesialis THT Madiun, yaitu dr.  Purnomo Hari Sugiarto, Sp. THT untuk menentukan penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Beliau tidak praktik di rumah sakit, melainkan membuka layanan praktik secara mandiri. Alamat praktiknya terletak di Jl. Dr. Sutomo, Madiun Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun. Jam buka layanan terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan sesi sore.

Jam buka sesi pagi mulai pukul 06.00 – 08.00 WIB, sementara sesi sore mulai buka pada pukul 18.00 – 20.00 WIB. Hari Minggu dan Hari Besar Nasional tutup. Anda bisa menghubungi nomor 0812-5978-500 untuk pendaftaran atau berkonsultasi.

Nah, itulah informasi mengenai jadwal praktik dokter spesialis THT Madiun, dr. Purnomo Hari Sugiarto, Sp. THT. Bagi Anda yang mencari jadwal praktik dokter spesialis lain di Madiun dan daerah sekitarnya, langsung saja kunjungi laman britaraya.com.

Baca Juga :  Info Praktik Dokter Kandungan Perempuan Madiun yang Terkenal

Britaraya.com menyajikan banyak sekali informasi paling update dan akurat seputar jadwal praktik dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya Provinsi Jawa Timur. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan