Semenjak kemunculan internet rumah dengan tarif yang semakin terjangkau, semakin banyak juga orang tertarik pasang WiFi di rumah. Memiliki jaringan WiFi di rumah tentunya memiliki banyak keuntungan. Kamu bisa menggunakan jaringannya di berbagai perangkat dan di bagian mana saja rumahmu tanpa harus terhubung dengan kabel internet.

Produktivitasmu juga akan semakin meningkat ketika WFH atau saat membuat konten untuk sosial mediamu. Ya, semenjak kemunculan sosial media,  banyak yang tertarik menjadi content creator.

Content Creator sendiri merupakan istilah profesi bagi seseorang yang membuat konten untuk berbagai platform sosial media seperti Instagram, YouTube, dan sebagainya.

Untuk pembuatan dari konten sendiri, kamu tidak perlu menjadi seorang publik figur kok. Kalau Instagram kamu suka membagikan tips mengenai parenting atau fashion, kamu sudah bisa disebut content creator. Untuk menjadi content creator pemula, kamu tidak perlu peralatan canggih untuk mendukung aktivitas kamu. Hanya dengan modal awal smartphone dan koneksi internet saja, kamu sudah bisa memulai untuk membuat konten. Mudah bukan?

Cara Jadi Content Creator

Nah, jika kamu tertarik menggeluti profesi ini, berikut adalah tips untuk menjadi content creator agar sukses.

  • Gemar Membaca

Untuk menghasilkan konten, pastinya kamu membutuhkan bekal. Nah, bekal ini bisa kamu dapatkan dari membaca. Dengan membaca, kamu bisa mendapatkan ide untuk membuat konten. Tidak hanya itu, kamu bisa mengetahui selera audience untuk membuat konten.

  • Catat Setiap Ide

Mungkin ada sebagian dari kamu yang tiba-tiba mendapatkan ide dari duduk di taman atau sedang nonton televisi. Jika ide itu muncul, jangan lupa untuk selalu dicatat untuk dijadikan inspirasi konten selanjutnya. Mungkin juga kamu bisa meluangkan waktu sekitar 10-15 menit setiap harinya untuk menuangkan ide.

  • Pelajari Audience

Selain mempelajari industri ini, kamu juga harus bisa mempelajari audience-nya. Karena nanti audience-lah yang akan menilai konten kita. Dengan mengetahui latar belakang audience seperti usia, pekerjaan, domisili dan sebagainya, bisa menjadi acuan kamu untuk membuat konten.

  • Buat Konten Orisinil

Tonjolkan ciri khas dan gaya kamu dalam pembuatan konten. Hal ini yang akan jadi pembeda antara kamu dengan para content creator lainnya. Mungkin kamu bisa ulik dari sekarang apa yang menjadi ciri khas dan gaya kamu sehingga bisa jadi kamu diingat oleh audience kamu.

  • Buat Penilaian dari Konten Sendiri

Setelah konten kamu diunggah di platform media sosial kamu, kamu bisa mulai membuat penilaian dari konten kamu sendiri. Cara sederhananya adalah dengan melihat insight dari setiap konten yang sudah diunggah, apakah ada interaksi dari konten kamu baik itu yang positif dan negatif, atau apakah para audience menyukai konten yang sudah kamu buat. Dari sini kamu bisa membuat penilaian dari setiap konten yang sudah diunggah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi content creator? Semoga dengan tips ini bisa menjadikan kamu content creator yang sukses, ya!

Bagikan: