Jenis Risiko Dalam Asuransi – Mungkin sebagian orang masih bingung dengan apa yang dimaksud risiko dalam asuransi dan bagaimana klasifikasinya. Sering kali muncul pertanyaan bahwa risiko apa saja yang bisa diasuransikan. Informasi selanjutnya bisa dilihat di lifepal.co.id/media/risiko-asuransi.

Secara umum, pihak perusahaan asuransi memandang risiko ini sebagai sebuah ketidakpastian. Dari beragam ketidakpastian tersebut, tentu kita wajib mengetahui jenis risiko mana yang bisa dipertanggungkan. Mengingat bahwa risiko merupakan objek jualan para perusahaan asuransi.

Dengan mengetahui jenis-jenis risiko asuransi, maka selanjutnya kita bisa menyeleksi mana risiko yang sekiranya bisa atau tidak bisa diasuransikan. Jika ingin tahu lebih banyak tentang risiko asuransi, simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Klasifikasi Risiko Dalam Asuransi

Dalam asuransi, risiko atau risk diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Risiko Murni (Pure Risk)

Risiko murni atau pure risk ini memiliki karakteristik yang mana jika memang terjadi, pasti menimbulkan kerugian. Dan jika tidak terjadi, maka tidaka akan menimbulkan kerugian maupun tidak menimbulkan keuntungan.

Maknanya dalam pengertian risiko murni ialah kerugian pasti terjadi. Contoh dari risiko ini di antaranya kecelakaan, kebakaran, bangkrut dan sebagainya.

  • Risiko Spekulatif (Speculative Risk)

Berkebalikan dari risiko murni, risiko spekulatif masih terdapat dua kemungkinan apabila peristiwa yang dianggap risiko benar-benar terjadi. Misalnya, saat berinvetasi saham di bursa efek.

Maka peristiwa tersebut akan menimbulkan risiko spekulatif, yakni di satu sisi kemungkinan menghasilkan keuntungan secara finansial dan sisi lainnya ada risiko kerugian.

  • Risiko Khusus (Particular Risk)

Berikutnya ada risiko khusus atau particular risk, merupakan suatu risiko yang dampak maupun penyebabnya hanya akan memengaruhi lingkungan pribadi, baik secara kualitas dan kuantitas.

Contohnya pengangguran atau seseorang yang menjadi pencuri. Ketika mencuri, maka risiko yang ditimbulkan hanya memengaruhi individu tersebut.

  • Risiko Fundamental (Fundamental Risk)

Jika risiko khusus hanya mempengaruhi lingkungan pribadi, maka risiko fundamental akan menimbulkan dampak yang sangat luas.

Penyebab dari risiko ini ialah faktor atau pihak tertentu sepertu bencana alam, kebijakan pemerintah dan sebagainya.

  • Risiko Individu (Individual Risk)

Individual risk adalah beragam peristiwa yang kemungkinan terjadi di kehidupan sehari-hari, di mana bisa memengaruhi kapasitas finansial seseorang maupun risiko tanggung jawab. Risiko individu ini terbagi menjadi beberapa kelompok, antara lain personal risk, property risk dan liability risk.

Personal risk kerapkali dikaitkan dnegan pengaruh suatu hal yang secara langsung akan berdampak pada individu tertentu. Contoh dari risiko personal atau pribadi ini ialah cacat fisik, kehilangan pekerjaan, meninggal dunia dan sebagainya.

  • Risiko Harta (Property Risk)

Salah satu bagian dari risiko individu, risiko harta adalah kerugian yang terkait dengan kepemilikan suatu benda akibat kehilangan, pencurian atau kerusakan.

Risiko harta ini bisa dikategorikan lagi menjadi dua jenis, yakni kerugian secara langsung (direct losses) dan kerugian tidak langsung (consequential).

  • Risiko Tanggung-Gugat (Liability Risk)

Risiko tanggung-gugat merupakan risiko tanggung jawab yang harus kita berikan kepada pihak lain. Bisa dibilang risiko ini untuk menanggung kerugian orang lain akibat suatu hal yang kita sebabkan.

Misalnya, dalam peristiwa kecelakaan di mana kita yang menabrak orang lain, maka ini disebut dengan risiko tanggung-gugat atau liability risk.

Itulah jenis-jenis risiko asuransi yang harus kita ketahui dan pelajari dengan baik. Asuransi merupakan suatu hal yang penting bagi kita, karena bisa membuat hidup lebih tenang sekaligus bisa menjadi sarana investasi untuk masa depan.

Banyak asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil atau kendaraan dan masih banyak lagi. Jika ada yang mencari asuransi mobil di Surabaya, silakan kunjungi duitpintar.com atau lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan