Rekomendasi Dokter Spesialis THT Malang Terbaik

dokte spesialis THT Malang

Tenggorokan yang terasa sakit saat menelan bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit ini bisa ringan hingga parah, tergantung pada penyebabnya. Berbagai faktor dapat menyebabkan kondisi ini, mulai dari infeksi hingga iritasi. Jika Anda merasakannya, segera kunjungi dokter spesialis THT Malang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelum itu, mari bahas beberapa penyebab umum tenggorokan sakit saat menelan dan cara mengatasinya. Simak ulasannya baik-baik, ya!

Infeksi Saluran Tenggorokan

Salah satu penyebab paling umum dari tenggorokan sakit saat menelan adalah infeksi saluran tenggorokan, seperti faringitis atau amandel. Biasanya, infeksi ini disebabkan oleh bakteri atau virus. Gejalanya mungkin meliputi sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar getah bening, dan demam.

Untuk mengatasi infeksi ini, istirahat yang cukup, minum banyak cairan hangat, dan berkumur dengan larutan garam dapat membantu meredakan gejalanya. Jika disebabkan oleh bakteri, dokter spesialis THT Malang mungkin meresepkan antibiotik.

Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung ialah ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan tenggorokan, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Baca Juga :  dr. Sidharta, Sp. A, Pilihan Dokter Spesialis Anak Malang Terkenal

Untuk mengurangi gejalanya, hindari makanan dan minuman yang memicu refluks asam, seperti makanan pedas, minuman berkafein, dan alkohol. Juga, hindari makan terlalu banyak sebelum tidur dan cobalah tidur dengan kepala sedikit terangkat.

Alergi

Alergi terhadap serbuk sari, bulu hewan, atau debu dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, yang dapat membuatnya terasa sakit saat menelan.

Menghindari pemicu alergi dan menggunakan obat alergi dapat membantu mengurangi gejalanya.

Merokok

Merokok dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan.

Berhenti merokok dan menghindari asap rokok dapat membantu mengurangi gejala tenggorokan sakit.

Cuaca Dingin dan Kering

Cuaca dingin dan kering dapat menyebabkan kekeringan pada tenggorokan, yang dapat membuatnya terasa sakit saat menelan.

Menggunakan pelembap udara di rumah, minum banyak cairan, dan menghindari udara dingin dapat membantu menjaga tenggorokan tetap lembap.

Cedera atau Luka

Cedera atau luka pada tenggorokan juga dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan. Ini bisa disebabkan oleh benda asing yang terjebak di tenggorokan atau goresan akibat makanan yang kasar.

Baca Juga :  dr. Sidharta, Sp. A, Pilihan Dokter Spesialis Anak Malang Terkenal

Jika Anda mengalami rasa sakit yang parah atau berkepanjangan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT Malang.

Rekomendasi Dokter Spesialis THT Malang, dr. Nathalia Mayasari S., Sp. THT-KL

Tenggorokan sakit saat menelan bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan mengidentifikasi penyebabnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi gejalanya.

Jika Anda mengalami rasa sakit yang parah atau berkepanjangan, segera konsultasikan dengan dokter spesialis THT terdekat untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Bagi yang berdomisili di Malang, dokter spesialis THT Malang yang direkomendasikan adalah dr. Nathalia Mayasari, S., Sp. THT-KL.

Beliau berpraktik di Poliklinik THT RS Panti Waluya atau RKZ Sawahan Nusakambangan No. 56, Malang. Jadwal praktiknya setiap hari Senin, Rabu dan Jumat mulai pukul 08.00 – 09.00 WIB. Informasi selengkapnya bisa dicari tahu lewat website resmi  di pantiwaluya.or.id atau Instagram @rkz_malang.

Selain di RS, dr. Nathalia juga membuka praktik di Klinik Respirasi Malang yang terletak di Jalan Wilis Indah No. A-6c, Gading Kasri, Klojen, Malang.

Jam layanan beliau di sana ialah setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. Kecuali hari Sabtu / Minggu / hari libur nasional tutup. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, bisa langsung menghubungi di nomor 0818-568-711.

Baca Juga :  dr. Sidharta, Sp. A, Pilihan Dokter Spesialis Anak Malang Terkenal

Cari tahu jadwal praktik dokter spesialis lainnya di Malang dan sekitarnya di britaraya.com. Di sana, menyajikan banyak sekali informasi update dan akurat tentang dokter spesialis di beberapa wilayah, khususnya Jawa Timur. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan