Rekomendasi Dokter Kandungan Perempuan Probolinggo

dokter kandungan perempuan Probolinggo

Selama masa kehamilan, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan perempuan Probolinggo agar mendapatkan informasi yang benar-benar valid terkait pola makan selama kehamilan.

Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya ibu hamil hindari karena dapat membahayakan janin dalam kandungan. Artikel ini akan membahas berbagai makanan yang sebaiknya tidak ibu hamil konsumsi demi menjaga kesehatan janin. Simak baik-baik, ya!

Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Beberapa jenis ikan mengandung merkuri dalam jumlah tinggi, yang dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Ikan yang harus dihindari termasuk ikan hiu, ikan todak (swordfish), ikan makarel raja, dan ikan tuna sirip besar. Sebagai gantinya, dokter kandungan perempuan Probolinggo menyarankan untuk mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri rendah seperti salmon, sarden, dan trout.

Makanan Laut Mentah

Makanan laut mentah seperti sushi, sashimi, dan tiram mentah sebaiknya dihindari karena berisiko mengandung bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi.

Baca Juga :  Dokter Urologi Probolinggo Terbaik, dr Trisno Fajar Sp.U

Infeksi ini dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janin, mengakibatkan komplikasi serius seperti keguguran atau kelahiran prematur.

Daging dan Telur Mentah atau Setengah Matang

Daging dan telur mentah atau setengah matang dapat mengandung bakteri Salmonella dan E. coli yang berbahaya.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan yang berisiko mengakibatkan dehidrasi parah dan membahayakan kesehatan janin. Jadi, selalu pastikan daging dan telur dimasak hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Produk Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Produk susu yang tidak dipasteurisasi, seperti susu mentah dan keju yang dibuat dari susu mentah (misalnya keju Brie, Camembert, dan Roquefort), dapat mengandung bakteri Listeria.

Infeksi Listeria dapat menyebabkan listeriosis, yang berbahaya bagi janin karena dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, atau infeksi serius pada bayi yang baru lahir.

Kafein Berlebihan

Konsumsi kafein berlebihan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran dan berat badan lahir rendah pada bayi.

Menurut dokter kandungan perempuan Probolinggo, batas aman konsumsi kafein bagi ibu hamil adalah sekitar 200 mg per hari. Atau setara dengan satu cangkir kopi. Sebaiknya, hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan beberapa jenis minuman energi.

Baca Juga :  2 Dokter Spesialis Paru Probolinggo Paling Profesional

Alkohol

Konsumsi alkohol selama kehamilan tidak dianjurkan sama sekali karena dapat menyebabkan gangguan spektrum alkohol janin (FASD).

FASD dapat mengakibatkan berbagai masalah perkembangan fisik dan mental pada bayi, termasuk kelainan bentuk wajah, gangguan kognitif, dan masalah perilaku.

dr. Maria Diah Zakiyah, Sp. OG., MH., Rekomendasi Dokter Kandungan Perempuan Probolinggo

Menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang berisiko tinggi adalah langkah penting untuk memastikan kesehatan ibu dan perkembangan janin yang optimal selama kehamilan.

Konsultasikan dengan dokter kandungan perempuan Probolinggo mengenai pilihan makanan yang aman dan tepat selama kehamilan. Salah satu rekomendasinya adalah dr. Maria Diah Zakiyah, Sp. OG., MH.

dr. Maria berpraktik di tiga rumah sakit, yakni RSIA Muhammadiyah Probolinggo, UOBK RSUD Dokter Mohamad Saleh Probolinggo dan RSUD Ar Rozy Probolinggo. Jadwal praktik beliau di RSIA Muhammadiyah Probolinggo ialah setiap hari Senin dan Rabu (07.00 – 09.00 WIB, 19.00 – 21.00 WIB), Selasa dan Kamis (14.00 – 16.00 WIB) dan hari Sabtu pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Sementara itu, dr. Maria melayani pasien di UOBK RSUD Dokter Mohamad Saleh setiap hari Senin sampai Kamis (09.00 – 13.00 WIB) dan hari Jumat (09.00 – 11.00 WIB).

Baca Juga :  Dokter Spesialis THT Probolinggo Terkenal, Ini Jadwal Praktiknya

Jika tempat tinggal Anda lebih dekat dengan RSUD Ar Rozy Probolinggo, Anda dapat menemui dr. Maria pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat pukul 08.30 – 13.00 WIB.

Untuk mengetahui lebih banyak jadwal praktik dokter spesialis lainnya, silakan langsung klik laman britaraya.com. Tersedia banyak artikel update dan akurat tentang rekomendasi, lokasi praktik hingga jadwal praktik dokter spesialis terbaik di kabupaten/kota yang ada di Jawa Timur. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan