Tips Kurangi Suhu Panas dalam Rumah

Tips Kurangi Suhu Panas dalam Rumah

Udara panas yang menjalar ke dalam rumah seringkali menjadi masalah karena membuat penghuni rumah jadi tidak nyaman. Padahal terdapat beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk mengurangi suhu panas dalam rumah meski tanpa AC lho. Seperti menggunakan material bata ringan yang berfungsi sebagai insulator yang bisa menyerap panas dari luar.

Selain mengaplikasikan bata ringan untuk mengurangi tingkat panas dalam rumah, kalian juga bisa menerapkan beberapa hal yang akan kita bahas berikut ini.

Memaksimalkan ventilasi dalam rumah

Ventilasi merupakan salah satu sarana untuk mengurangi suhu panas dalam rumah. Hal ini karena ventilasi berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah, sehingga rumah bisa terasa lebih sejuk dan udara atau suhu panas dalam rumah juga dapat terbawa keluar melalui ventilasi yang ada di dalam rumah. Semakin banyak ventilasi yang terdapat di rumah kalian, maka suhu ruangan dalam rumah juga dapat lebih terjaga dan terhindar dari suhu panas yang tidak nyaman lho.

Pertimbangkan menaruh tanaman dalam rumah

Selain menambahkan keindahan dalam rumah, tanaman dalam rumah juga berfungsi mengurangi suhu panas dalam rumah. Hal ini karena tanaman memiliki sifat menyerap panas terutama sinar matahari untuk energinya. Selain itu, menaruh tanaman di dekat jendela juga bisa berfungsi sebagai penghalang agar sinar matahari tidak sepenuhnya masuk dalam rumah. Adanya tanaman juga menjaga kelembaban dalam ruangan, sehingga ruangan terasa lebih nyaman dan sejuk, meski pada suhu yang sama.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Bahan Bangunan Sebelum Membangun Rumah

Gunakan tirai di siang hari

Selain untuk menjaga privasi di dalam rumah, penggunaan tirai pada siang hari dimaksudkan agar sinar matahari tidak sepenuhnya masuk ke dalam rumah. Hal ini tentunya akan membuat ruangan lebih terjaga suhunya sekaligus memberikan kesan estetika sebagai dekorasi rumah yang cantik.

Pakai lampu LED

Menggunakan lampu LED dalam rumah juga merupakan salah satu bentuk kecil yang berpengaruh secara signifikan lho dalam mengatur suhu di dalam rumah. Selain itu, lampu LED juga lebih ramah lingkungan dan memiliki efisiensi energi yang lebih baik ketimbang lampu pijar, sehingga seringkali dipilih agar rumah tidak terasa panas. Lampu LED juga biasanya memiliki heatsink yang membuatnya terjaga agar tidak terlalu panas, sehingga lebih awet dan stabil jika digunakan di dalam rumah.

Hindari penggunaan cat dinding berwarna gelap

Penggunaan cat dinding berwarna gelap seringkali dihindari karena warna gelap cenderung menyerap panas dan membuat suhu ruangan jadi meningkat. Itu sebabnya kebanyakan orang lebih memilih warna terang sebagai cat dinding rumah mereka. Selain membuat rumah tampak lebih lega, cat berwarna terang juga memantulkan cahaya dan panas, sehingga suhu ruangan lebih terjaga.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Bahan Bangunan Sebelum Membangun Rumah

Itu dia beberapa tips mudah agar hunian kalian terasa lebih sejuk dan tidak terlalu panas. Namun jika kalian memiliki budget tambahan, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada pendingin ruangan seperti air conditioner agar rumah kalian terasa lebih nyaman, terutama di musim kemarau atau musim panas.

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan