Dokter Spesialis THT Tuban, Catat Jadwal dan Lokasinya

Dokter Spesialis THT Tuban

NamunDokter Spesialis THT Tuban – Umumnya, banyak orang mencari informasi tentang dokter THT hanya ketika ada masalah dengan telinga atau pendengaran. Padahal, lebih dari itu, hidung dan tenggorokan merupakan organ yang penting pula diperiksakan ke dokter spesialis itu.

Jangan sampai, kondisi penyakit hitung yang fatal terjadi baru kita bertindak. Sebut saja seperti penyakit sinus. Sinusitis adalah kondisi yang dapat menyebabkan peradangan pada rongga sinus dan mengakibatkan gejala seperti hidung tersumbat, nyeri kepala, dan tekanan di area wajah. Namun, pastinya semua bisa diobati, bukan?

Menurut Alodokter, untuk mengatasi sinusitis dengan efektif, penting untuk memahami penyebabnya dan mengetahui cara mengatasinya. Artikel ini akan membahas penyebab umum sinusitis dan memberikan solusi terbaik untuk mengelola kondisi ini.

Penyebab Penyakit Sinusitis Menurut Dokter Spesialis THT Tuban

Infeksi Virus dan Bakteri

Sinusitis bukan datang tanpa sebab, namun dapat dipicu oleh infeksi virus seperti flu atau pilek, maupun infeksi bakteri. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada selaput lendir sinus.

Alergi

Reaksi alergi terhadap debu, bulu hewan, serbuk sari, atau alergen lainnya dapat memicu sinusitis. Alergi menyebabkan peradangan yang berkontribusi pada penyumbatan saluran sinus.

Baca Juga :  Dokter THT Kediri Terbaik, Ini 3 Rekomendasinya

Polip Hidung

Pertumbuhan jaringan lunak di dalam hidung, yang disebut polip hidung, dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan peradangan pada sinus. Namun, kasus ini bisa disebut kasus yang tidak sering.

Kelainan Struktural

Menurut Dokter Spesialis THT Tuban, dalam beberapa kasus, kelainan struktural pada rongga hidung atau septum nasal dapat menjadi penyebab sinusitis.

Pencemaran Udara

Paparan terus-menerus terhadap polusi udara dapat merangsang peradangan pada sinus. Maka dokter THT pada dasarnya memang menyarankan menggunakan masker di tempat-tempat berpolusi.

Cara Mengatasi Sinusitis Menurut Dokter THT Tuban

Istirahat dan Hidrasi

Istirahat yang cukup dan konsumsi air yang mencukupi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan meredakan gejala sinusitis. Namun, Dokter Spesialis THT Tuban menyarankan konsumsi air 1 liter setiap berat badan 20 KG.

Penggunaan Pelembap Udara

Menggunakan pelembap udara di ruangan dapat membantu menjaga kelembapan dan mengurangi iritasi pada saluran sinus.

Obat-obatan

Penggunaan dekongestan, antihistamin, atau steroid nasal dapat membantu mengurangi gejala sinusitis. Namun, penggunaan obat-obatan harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Irinasi Saline

Menurut laman kesehatan Klik Dokter, membersihkan hidung dengan larutan saline dapat membantu menghilangkan lendir yang berlebihan dan meredakan peradangan.

Baca Juga :  3 Dokter THT Banyuwangi Paling Berpengalaman dan Terbaik

Penghindaran Alergen

Mengidentifikasi dan menghindari alergen yang memicu sinusitis, seperti debu dan serbuk sari, dapat membantu mencegah serangan berulang.

Kompres Hangat

Menggunakan kompres hangat pada area wajah dapat membantu meredakan tekanan dan nyeri yang disebabkan oleh sinusitis.

Konsultasi dengan Dokter THT

Jika gejala sinusitis berlangsung lebih dari beberapa minggu atau menjadi lebih parah, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut, seperti penggunaan antibiotik jika infeksi bakteri terdeteksi.

Mengatasi sinusitis melibatkan kombinasi perawatan rumahan dan bantuan medis yang tepat. Penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai.

Dengan perawatan yang tepat, seseorang dapat mengurangi frekuensi dan intensitas serangan sinusitis, meningkatkan kualitas hidup, dan memastikan kesehatan sinus yang optimal. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Tuban

Dokter Supriyono, Sp. THT

Dokter ini membuka praktek di Jl. Ronggolawe No.342, Kingking, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62310.  Buka setiap hari Senin – Jumat, pukul 06.15 – 08.00 pm.

Baca Juga :  Dokter THT Pasuruan Terkenal, Berikut Info Prakteknya

Menurut Britaraya, sebagai dokter spesialis THT Tuban yang senior, dr Supriyono bisa menjadi dokter yang paling direkomendasikan karena memiliki pengalaman panjang.

Dokter Willy Silyen, Sp. THT-KL

Selain dokter Supriyono, di Tuban juga ada dokter spesialis THT yang handal yaitu dokter Willy. Dokter ini membuka jadwal praktek di RS dr. R. Koesma Tuban yang beralamatkan di Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No.800, Sidorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62315. Silahkan datang ke RS dan lakukan penjadwalan.

Recommended For You

About the Author: Redaksi Britaraya

Britaraya.com adalah web berita terpercaya, memuat informasi bermanfaat dari berbagai sumber terpercaya. Temukan juga beragam tips hanya disini.

Tinggalkan Balasan