Selain memproteksi diri dengan asuransi kesehatan keluarga dari FWD Insurance untuk langkah preventif jika nanti terjadi sesuatu pada kesehatan Anda, menjaga kondisi badan supaya tidak mudah diserang penyakit juga penting. Terlebih, jika Anda sering mengalami darah rendah atau dikenal dengan istilah hipotensi.

Meski terlihat sepele, ternyata bahaya darah rendah atau hipotensi cukup menakutkan, loh. Apa saja? Yuk, simak lebih lanjut summary dari situs kesehatan Halodoc dan situs Katadata!

Bahaya Hipotensi atau Darah Rendah

1. Munculnya Penyakit Jantung yang Mematikan

Hipotensi bisa memunculkan penyakit yang serius, salah satu jantung. Di mana, jika mengalami kondisi ini maka seseorang akan mengalami penurunan fungsi jantung dan apabila dibiarkan akan berkomplikasi ke penyakit lainnya.

2. Memicu Sakit Stroke

Akibat dari tekanan yang rendah pada darah mengakibatkan kerja jantung menjadi lemah. Hal ini akan membuat kurangnya suplai oksigen pada otak. Kurangnya suplai oksigen ini dapat memicu munculnya sakit stroke jika sakitnya sudah sangat parah.

3. Gagal Ginjal

Seseorang yang mengalami hipotensi bisa memperlambat aliran darah yang mengalir di dalam tubuh untuk disaring oleh ginjal. Ginjal yang kurang berfungsi membuat kerusakan hingga akhirnya mengalami gagal ginjal.

Penyebab Hipotensi atau Darah Rendah

Terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan seseorang bisa mengalami hipotensi, di antaranya:

1. Kekurangan Cairan

Salah satu penyebab seseorang bisa terkena hipotensi adalah karena kurang minum. Saat cairan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dari cairan yang keluar, maka bisa memicu terjadinya dehidrasi dan akhirnya membuat badan menjadi lemas, pusing, dan kurang bertenaga.

2. Masalah pada Jantung

Selain karena kekurangan cairan akibat jarang minum, darah rendah bisa juga terjadi akibat adanya beberapa masalah pada jantung. Misalnya saja, detak jantung yang lemah, masalah pada katup jantung, hingga gagal jantung. Akibat kondisi-kondisi tersebut membuat sirkulasi darah menjadi terganggu karena jantung tidak bisa memompa darah secara normal.

3. Mengalami Anemia

Penyebab selanjutnya karena kurangnya darah pada tubuh atau dikenal dengan istilah anemia. Di mana, orang yang mengidap penyakit ini akan gampang merasa pusing dan pingsan ketika terpapar cuaca ekstrem misalnya saat dijemur di terik panas matahari.

4. Masalah Endokrin

Terjadinya masalah pada endokrin seperti paratiroid, diabetes, hingga tubuh kekurangan hormon yang merangsang adrenalin bisa juga menjadi pemicu munculnya darah rendah atau hipotensi pada tubuh. Untuk itu, jika mengalaminya segeralah untuk melakukan perawatan pada pihak medis. 

Bahaya darah rendah seperti yang sudah dipaparkan di atas bisa saja terjadi ke diri sendiri. Untuk itu, Anda harus selalu berusaha menjaga tubuh agar tetap sehat dengan menjaga pola makan, rajin berolahraga, dan penuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Selain itu, jangan lupa untuk membentengi diri dengan asuransi kesehatan keluarga dari FWD Insurance. PT FWD Insurance Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi yang sudah berizin, dan diawasi oleh OJK.

Bagikan: