Apabila Anda mengalami masalah pada kulit, segeralah untuk berkonsultasi atau berobat ke dokter spesialis kulit Jombang. Dokter spesialis kulit yang juga disebut sebagai ahli dermatologi adalah dokter yang mempunyai keahlian dalam menangani serta mengobati penyakit, masalah atau gangguan yang berkaitan dengan kesejatan kulit, kuku dan rambut.

Umumnya, dokter spesialis kulit memiliki gelar SpKK (Spesialis Kulit dan Kelamin) atau SpDV (Spesialis Dermatologi dan Venereologi) di belakang namanya. Hal ini menandakan bahwa dokter kulit juga memiliki kemampuan dalam menangani serta mengobati berbagai penyakit atau masalah yang berhubungan dengan kesehatan kelamin.

Berbagai Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Sama seperti dokter spesialis lainnya, dokter spesialis kulit dan kelamin juga melakukan diagnosis terlebih dahulu mengenai keluhan yang dialami oleh pasien. Diagnosis tersebut meliputi wawancara riwayat keluhan, pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan penunjang yang mungkin di perlukan.

Secara klinis, dokter bergelar SpKK ini bisa menangani beberapa penyakit kulit dan kelamin sebagai berikut:

  • Dermatologi umum;
  • Dermatologi kosmetik;
  • Dermatologi pediatrik;
  • Kondisi kulit pada remaja;
  • Dermatologi geriatrik;
  • Melakukan bedah dan tumor kulit;
  • Masalah kesehatan kuku dan rambut;
  • Penyakit kelamin.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Menemui Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Sebelum pergi menemui dokter spesialis kulit dan kelamin, pastikan bahwa dokter pilihan Anda telah memiliki sertifikasi yang terpercaya. Saat berkonsultasi mengenai permasalahan kulit atau kelamin, tidak ada salahnya untuk menyiapkan catatan pertanyaan yang ingin Anda ajukan dan riwayat keluhan atau gejala yang dialami.

Pada beberapa kasus pemeriksaan kulit dan kekamin, mungkin ada yang mengharuskan Anda membawa sejumlah dokumen pendukung. Seperti hasil pemeriksaan sebelumnya, hasil tes lab darah, CT Scan, Rontgen atau biopsi.

Informasikan pula kepada dokter spesialis kulit Jombang mengenai obat atau suplemen yang sedang Anda konsumsi. Beritahukan produk perawatan kulit yang Anda gunakan serta reaksi alergi terhadap obat atau zat tertentu bila ada. Hal ini penting guna mencegah kemungkinan adanya reaksi tertentu yang muncul pada kulit.

Jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah dari produk kosmetik atau skincare ketika menemui dokter spesialis kulit. Tujuannya agar dokter bisa melihat kondisi kulit Anda secara akurat.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit Jombang

Nah, berikut ini Britaraya akan memberikan beberapa rekomendasi dokter spesialis kulit dan kelamin di Jombang yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Di antaranya:

Bambang Dwi Hayunanto, Sp.KK

Dr. dr. H. Bambang Dwi Hayunanto, Sp.KK merupakan seorang dokter spesialis yang melayani konsultasi kesehatan kulit dan kelamin. Beliau membuka praktik di RS Nahdlatul Ulama Jombang.

Jadwal praktiknya di rumah sakit tersebut tiap hari Rabu pukul 09.00 – 11.00 WIB. Beliau juga membuka praktik sendiri di Jl. Urip Sumoharjo No. 13, Kepatihan, Jombang.

Nur Khamidah, Sp.KK

Selanjutnya, dokter spesialis kulit di Jombang yang bisa Anda datangi adalah dr. Nur Khamidah, Sp.KK. Beliau saat ini berpraktik di Rumah Sakit Islam Jombang. Jadwal praktiknya tiap hari Senin – Jumat pukul 11.00 – 13.00 WIB.

Selain berpraktik di RSI Jombang, dr. Nur juga membuka praktik kliniknya sendiri di daerah Jombatan, Jombang.

Dyah Ayu Pitasari, M.Ked.Klin, Sp.D.V

Ahli dermatologi ini menyelesaikan pendidikan Kedokteran Spesialis Kulit dan Kelamin di Universitas Airlangga. Kini, dr. Dyah membuka praktiknya di Rumah Sakit Dr. Moedjito Dwidjosiswojo, Jombang tiap hari Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Tindakan medis yang bisa dr. Dyah tangani di antaranya konsultasi masalah kulit dan kelamin, pengangkatan kutil, pengobatan melasma dan perawatan luka bakar.

Demikian ulasan tentang berbagai penyakit yang bisa ditangani dokter spesialis kulit serta rekomendasi dokter spesialis kulit Jombang untuk Anda. Jika ingin mengetahui informasi tentang dokter spesialis lainnya, kunjungi laman britaraya.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan: