Ketika berkendara, ada kemungkinan terjadi sesuatu tidak terduga seperti kecelakaan atau tabrakan. Hal tersebut membuat badan mobil lecet, baret bahkan hingga hancur tergantung seberapa parahnya kecelakaan yang terjadi. Untuk itulah, penting sekali melengkapi kendaraan tersayang dengan asuransi.

Jika hanya lecet atau baret, bisa diakali dengan melakukan cat mobil di bengkel resmi. Biaya repaint mobil atau pengecatan ulang di bengkel resmi bisa menghabiskan biaya hingga puluhan juta rupiah. Karena mahal, banyak orang yang lebih memilih bengkel cat mobil terdekat di pinggir jalan untuk menekan harga.

Namun, memilih cat mobil di pinggir jalan ada risiko yang mengintai, yakni kualitas pengerjaan yang bisa berimbas pada hasilnya. Nah, agar tidak menebak-nebak saja, berikut ini adalah kisaran rata-rata biaya cat ulang mobil di bengkel resmi. Yuk langsung disimak!

Harga Cat Mobil di Bengkel Resmi

Bagi yang ingin melakukan body repair atau cat ulang bodi mobil, ada banyak bengkel yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari yang berada di pinggir jalan hingga bengkel resmi dari masing-masing merek mobil.

Adapun uraian lengkap terkat biaya cat mobil full body hingga per panel di bengkel resmi ialah sebagai berikut:

Biaya Cat Ulang Mobil Full Body

Untuk biaya cat ulang mobil full body, tergantung dari masing-masing merek mobil. Salah satunya di Auto2000, jaringan dealer resmi Toyota. Kisaran biaya cat mobil full body dimulai dari Rp 7 juta untuk kendaraan berukuran kecil, seperti Toyota Agya. Sementara untuk kendaraan dengan bodi yang berukuran lebih besar berada di kisaran Rp 17 juta.

Pengerjaan cat mobil full body bisa mencapai 10 hari lamanya. Proses pengerjaan yang menjadikannya lama adalah karena harus membersihkan bodi mobil secara keseluruhan. Cacat pada bodi juga harus diperbaiki terlebih dahulu. Kemudian, diberi epoxy, cat dasar pabrik dan lapisan varnish.

Biaya Cat Ulang Mobil Per Panel

Selaian pengecatan mobil full body, beberapa dealer yang memiliki fasilitas body and repair juga menerima pengecatan per panel. Maksudnya adalah per bagian mobil, misalnya bagian kap mobil dihitung satu panel. Pintu mobil dihitung satu panel. Jadi, jika kita ingin cat bemper mobil saja, maka biayanya dihitung satu panel.

Pengecatan per panel ini berguna bagi pemilik kendaraan yang ingin membetulkan warna bodi yang sudah rusak karena lecet maupun baret. Kita pakai contoh di Auto2000 lagi. Auto2000 memasang biaya cat mobil per panel mulai dari harga Rp 700 ribu dan Rp 1,8 juta untuk atap tergantung dari jenis mobil.

Misalnya Toyota Avanza, harga per panelnya mulai dari Rp 800 ribu. Sementara untuk Innova, kisaran harganya mulai dari Rp 900 ribu. Untuk merek Mitsubishi, bengkel resmi memberikan patokan harga per panel sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 900 ribu.

Harga tersebut bisa semakin mahal untuk pilihan warna putih mutiara. Estimasinya bisa lebih mahal 30% dari price list biasanya. Jika kerusakan mobil sebatas baret halus atau penyok ringan, waktu pengerjaannya bisa sampai 8 jam menggunakan Express Body Paint.

Itulah kisaran rata-rata harga biaya cat mobil di bengkel resmi. Apabila ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap, kunjungi laman lifepal.co.id. Pialang asuransi online ini menyediakan berbagai macam asuransi sesuai kebutuhan, di antaranya asuransi jiwa, asuransi kesehatan hingga asuransi TLO resiko yang dicover.

Dijamin kita akan mendapatkan biaya premi yang murah dan dibantu oleh tim profesional untuk menentukan mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk beli asuransi online murah di Lifepal!

Bagikan: