Britaraya.com – Mempromosikan gaya hidup sehat kepada anak-anak sejak usia dini akan membantu mereka membuat pilihan yang sehat di masa depan. Selain itu, ibu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mengoptimalkan perkembangan.

Gaya Hidup Sehat untuk Anak Kecil

Gaya hidup sehat adalah fondasi utama untuk menjaga kesehatan yang baik. Membiasakan pola hidup sehat sejak dini adalah salah satu hal paling berharga yang dapat Anda berikan kepada anak Anda agar kualitas tumbuh kembangnya menjadi yang terbaik.

Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda terapkan pada rutinitas harian anak Anda agar ia terbiasa aktif beraktivitas fisik dan mengonsumsi makanan yang penting untuk perkembangannya.

Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Balita Sejak Dini

  • Step 1. Aktiflah setiap hari

Aktivitas fisik yang teratur sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat. Buat anak Anda aktif setidaknya selama 60 menit sehari. Ibu harus membiasakan diri dengan aktivitas fisik sehari-hari dan memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya.

Simak juga : apa dampak negatif dari gaya hidup boros

  • Step 2. Biasakan menggunakan air mineral sebagai minuman untuk buah hati anda

Air mineral adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh Anda. Batasi minuman bersoda yang tinggi gula untuk anak Anda. Beri makan si kecil buah-buahan alih-alih jus buah, yang seringkali tinggi gula.

  • Step 3. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Makan buah dan sayuran setiap hari akan membantu anak Anda tumbuh dan berkembang dengan cara terbaik. Nutrisi yang dikandungnya dapat meningkatkan vitalitas tubuh anak dan mengurangi risiko penyakit kronis.

  • Step 4. Jangan berkenalan dengan anak di depan layar

Batasi screen time anak Anda, baik itu menonton TV, bermain game di tablet atau smartphone, atau bermain di konsol. Gaya hidup ini termasuk dalam kategori tidak aktif dan mungkin berdampak pada kelebihan berat badan. Moms dapat mengubah jumlah waktu yang mereka habiskan di depan layar dengan mengajak anak-anaknya bermain aktif baik di dalam maupun di luar rumah.

  • Step 5. Kurangi makan camilan dan tawarkan alternatif camilan sehat

Camilan sehat akan membantu anak Anda memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Jajanan yang terbuat dari buah dan sayur dapat menurunkan risiko anak kegemukan, sedangkan jajanan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko anak kegemukan.

Selain semua tips di atas, Moms harus membiasakan waktu tidur yang sesuai dengan kebutuhannya, berlatih mencuci tangan, menggosok gigi secara teratur, dan menjaga anak di lingkungan bebas rokok.

#Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Balita

Bagikan:

Tinggalkan Balasan